Rekomendasi

KPU Karanganyar Terima Surat Suara Pileg DPR RI dan DPRD Provinsi Secara Bersamaan

Rabu, 20 Maret 2019 : 16.46
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, menerima surat suara pemilihan legislatif (pileg) DPR RI dan DPRD Provinsi, Selasa (19/03/2019) malam.

Jutaan lembar surat suara untuk pemilihan wakil rakyat di tingkat pusat dan provinsi ini, diangkut dengan menggunakan tiga truk. Proses bongkar surat suara ini, bahkan dilakukan hingga Rabu (20/03/2019) dinihari.

Pelaksana tugas ketua KPU Karanganyar, Muhammad Maksum, kepada hariankota.com serta awak media lain, mengatakan, surat suara untuk pileg DPR RI dan DPRD Provinsi tersebut, masing-masing dikemas dalam 1.418, dan setiap kardus berisi 500 surat suara.

Jumlah surat suara sama, yakni 708.928 lembar, baik untuk surat suara pileg DPR RI maupun DPRD Provinsi.

“Surat suara untuk pileg DPR RI dan DPRD Provinsi, sudah kita terima dan langsung kita lakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Kita tinggal menunggu surat suara untuk pileg DPRD kabupaten,” kata Muhammad Maksum.

Dijelaskannnya, banyaknya jumlah surat suara, maka proses penyortiran dan pelipatan surat suara, harus dilakukan di dua lokasi berbeda, yakni di gedung pertemuan balai kelurahan Jungke dan di gudang utama gedung PKPRI.

“Untuk pelipatan surat suara, kita lakukan di dua tempat, yakni dibalai Kelurahan Jungke dan di gudang utama gedung PKPRI,” jelasnya.

Sementara itu, ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Karanganyar, Nuning Ritwanita Priliastuti, melalui telepon selularnya, kepada hariankota.com, menyatakan, berdasarkan hasil pemantauan proses pengiriman hingga pelipatan surat suara, tidak menemukan adanaya pelanggaran.

Menurut Nuning, Bawaslu akan terus melakukan pengawasan terkait proses sortir dan pelipatan surat suara ini.

“Semua proses berjalan sesuai aturan. Meski demikian, proses pengawsan akan terus kita lakukan. Untuk surat suara pileg DPD RI yang ditemukan rusak, kami minta agar KU karanganyar segera melakukan koordinasi dengan KPU Provinsi,” ujar Nuning.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners