Rekomendasi

Kunjungi Kampus IAIN Surakarta, Menag Resmikan Gedung Baru

Senin, 04 Maret 2019 : 18.28
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sukoharjo meresmikan gedung baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, di Kecamatan Kartasura, Senin (4/3/3019).

Gedung berlantai empat ini merupakan Gedung Pendidikan Terpadu dengan dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang aktivitas akademis seperti, ruang kelas, ruang dosen, administrasi yang sudah tertata didalamnya.

"Ya Alhamdullilah, kita bersyukur, pada siang menjelang sore hari ini, saya bisa hadir tidak hanya untuk menghadiri obrolan (diskusi) santai, tapi juga dalam rangka meresmikan gedung baru," kata Menag kepada hariankota.com dan awak media lain.

Kementrian Agama disebutkan Menag sangat serius membangun, mengembangkan sarana, prasarana yang ada di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di seluruh wilayah Indonesia, dimana sekarang jumlahnya ada 58 PTKIN terbagi, 7 STAIN, 34 IAIN, dan 17 UIN.

"Tujuannya, bagaimana agar PTKIN ini betul - betul mampu mengembangkan diri, karena banyak sekali lulusan - lulusan ponpes, madrasah - madrasah kita yang ingin memngembangkan, melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi," jelasnya.

Menyinggung soal alokasi anggaran untuk mendukung pengembangan PTKIN ini, Menag menyampaikan jumlahnya sangat banyak. Selain dari APBN, Kemenag juga memanfaatkan dana - dana dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dan memanfaatkan lembaga donor asing.

"Intinya adalah, kita ingin secara serius mengembangkan dunia Perguruan Tinggi Islam di Indonesia," tandasnya.

Seperti diketahui, IAIN Surakarta yang disahkan melalui Peraturan Presiden No. 1 Tahun 2011 merupakan hasil alih status dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Surakarta.

Selanjutnya, STAIN Surakarta yang berdiri sejak 30 Juni 1997 (25 Safar 1418 H) awalnya berasal dari IAIN Walisongo di Surakarta yang berdiri pada 12 September 1992.

Hingga saat ini, IAIN Surakarta memiliki 4 fakultas; Ushuluddin dan Dakwah, Syariah, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Ekonomi dan Bisnis Islam, serta Pasca Sarjana.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor; Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More