Rekomendasi

LKPJ Bupati Karanganyar Tahun 2018 Penuh Sejumlah Catatan

Rabu, 27 Maret 2019 : 22.30
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karanganyar, memberikan sejumlah catatan dan rekomendasi terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) bupati tahun 2018, dalam rapat paripurna istimewa, Rabu (27/03/2019).

Dalam rapat tersebut, Panitia Khusus (Pansus) LKPj yang dibentuk DPRD menyampaikan sejumlah rekomendasi terkait sejumlah catatan strategis berisikan saran, masukan dan koreksi terhadap penyelenggaraan urusan desentralisasi, tugas pembantuan dan tugas umum pemerintah.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah belum optimalnya pendapatan asli daerah (PAD) RTH yang tidak tepat sasaran akibat lemahnya pengawasan dan pendataan, PKH dan KIP yang tidak tepat sasaran, pelayanan kesehatan dan pendidikan gratis yang belum maksimal.

Wakil ketua DPRD Karanganyar, Eko Setyono, menyampaikan, catatan dan rekomendasi terhadap LKPJ bupati tersebut, setelah dilakukan pencermatan dan pembahasan yang dilakukan oleh panitia khusus (pansus).

Catatan dan rekomendasi ini, menurut Eko, untuk perbaikan pelaksanaan pemerintahan di masa yang akan datang.

“Arah kebijakan umum Pemerintah Daerah telah berjalan dengan baik, namun perlu ada rekomendasi kepada bupati untuk melaksanakan Visi dan Misi RPJMD agar supaya lebih terarah dan terukur sehingga akan menjadi acuan bagi SKPD didalam menentukan prioritas program dan pembangunan,” kata Eko Setyono.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengakui masih terdapat kekurangan sehingga perlu adanya masukan, saran dan kritik dari anggota DPRD.

“Terimakasih atas saran, masukan yang disampaikan oleh anggota DPRD. Kami menyadari tentu masih banyak kekurangan. Catatan dan rekomendasi dari DPRD ini, merupakan masukan untuk perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah pada tahun yang akan datang,” ujar bupati.

Disisi lain, dalam rapat paripurna istimewa tersebut, berdasarkan pantauan hariankota.com, terlihat sejumlah kursi para wakil rakyat ini kosong. Informasi yang dihimpun, dari 45 anggota DPRD, hanya 32 anggota yang hadir.

“Ada sebagian yang tidak hadir mas. Mereka sudah ijin karena ada keperluan,” ujar salah satu staf DPRD yang enggan disebutkan namanya.

Jurnalis: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More