Rekomendasi

Masa Kampanye, Hasil Razia Mihol Oplosan Meningkat

Selasa, 19 Maret 2019 : 16.34
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Selama masa kampanye menjelang hari H pencoblosan Pemilu 2019, minuman beralkohol (mihol) oplosan hasil operasi yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sukoharjo mengalami peningkatan signifikan.

"Ada peningkatan barang bukti hasil operasi penegakan Perda dari bulan Januari hingga Maret ini, jumlahnya 2009 botol dan 30 jerigen ukuran 30 liter. Hasil ini dua kali lipat dari operasi sebelumnya," terang Kepala Satpol PP Sukoharjo, Heru Indarjo saat menunjukkan barang bukti kepada hariankota.com dikantornya, Selasa (19/3/2019).

Dari barang bukti tersebut, selain minuman beralkohol murni, beberapa juga ada mihol oplosan yang dikemas sedemikian rupa menggunakan botol bekas mihol merk ternama dengan tujuan mengelabuhi konsumen sekaligus mendongkrak harga jual. Seperti, Vodka, Black Label, Mansion House, dan Singleton.

"Untuk beberapa mihol oplosan yang menggunakan botol bekas mihol bermerk jumlahnya ada sekira 400 botol. Ini sudah tentu melanggar bea cukai, merugikan pendapatan negara," kata Heru.

Bahkan salah satu isi mihol oplosan bermerk Singleton, disebutkan Heru campuran isinya paling berbahaya bagi kesehatan. Keterangan dari Dinas Kesehatan, efek bagi orang yang meminumnya dapat menyebabkan kebutaan akut.

"Mihol dalam botol Singleton ini kandungannya memang berbeda dengan yang lain. Isinya campuran dari fermentasi buah jambu klutuk (jambu biji), ciu (alkohol tradisional murni untuk bahan kosmetik), dan beberapa bahan kimia lain," terangnya.

Menurut Heru, meningkatnya jumlah barang bukti yang berhasil disita dari beberapa lokasi penjualan, karena pihaknya menggencarkan patroli dan operasi cipta kondisi untuk meminimalisir potensi kerawanan dimasa kampanye pemilu.

"Para pelaku penjual maupun pengoplosnya sudah kami tindak dan disidang di Pengadilan Negeri Sukoharjo dengan ancaman hukuman denda maksimal Rp 50 juta hingga kurungan penjara 3 bulan," pungkasnya.

Jurnalis : Sapto Nugroho

Editor : ALI

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners