Rekomendasi

Mendikbud Pastikan Pelaksanaan UNBK Hari Kedua Berjalan Lancar

Selasa, 26 Maret 2019 : 19.14
Published by Hariankota
MALANG - Usai melakukan inspeksi mendadak di tiga SMK yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyebut pelaksanaan UNBK di Malang berjalan lancar.

Hal ini ia sampaikan di sela - sela kunjungannya ke SMK El Hayat, Kedungkandang, Kota Malang, Selasa siang (26/3/2019).

"Di Malang sudah bagus, lancar, sesuai standar. Misal pengawas ditukar dengan sekolah lain tidak boleh ada seorang pun masuk saat ujian termasuk menteri juga gak boleh masuk," ujar Muhadjir Effendy.

Muhadjir yakin dengan sistem pelaksanaan UNBK saat ini permasalahan yang kerap terjadi di Ujian Nasional seperti kebocoran soal bisa diminimalkan.

"Dan soalnya diacak saat UNBK, saya yakin 99 persen tingkat kepercayaan akan tercapai. Tidak ada lagi kecurangan, soal bocor, soal diambil alih oleh peserta lain, itu yang harus dihindari," terang mantan Rektot UMM ini.

Nantinya Mendikbud akan mengevaluasi pelaksanaan UNBK SMK ini guna diterapkan di UNBK SMA/MA yang diselenggarakan pekan depan, termasuk evaluasi untuk pelaksanaan UNBK tahun depan.

"Pasti nanti setelah ujian selesai akan kita evaluasi, kita sempurnakan yang belum, dan yang sudah akan kita tingkatkan. Makanya selama tiga tahun ini UN kan berjalan baik. Tidak lagi menimbulkan keresahan nasional. Anak Anak-anak mengerjakan enjoy, tidak berada dibawah tekanan," pungkasnya.

Mendikbud dan rombongan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) sejak pagi hingga siang hari meninjau pelaksanaan UNBK SMK di tiga titik yakni SMK PGRI, SMK Negeri Singosari, dan SMK El Hayat.

Jurnalis: Miadaada
Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More