Rekomendasi

Pemkab Sukoharjo: Kalender Capres - Cawapres 02 Berlogo Pemerintah Daerah, Ilegal

Selasa, 26 Maret 2019 : 20.30
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Sukoharjo, Agus Santosa memenuhi undangan Bawaslu Sukoharjo untuk mengklarifikasi beredarnya bahan kampanye ilegal berupa kalender Capres - Cawapres nomor urut 02, Prabowo - Sandi menggunakan lambang pemerintah daerah.

Kepada hariankota.com dan awak media lain usai pemeriksaan di kantor Bawaslu, Selasa (26/3/2019), Agus menyampaikan, pihaknya telah dirugikan atas penggunaan logo pemerintah dalam kalender paslon Capres - Cawapres nomor urut 02 ini.

"Kami tentu mentaati aturan main untuk tetap netral, tidak berpihak kepada salah satu paslon. Karena tugas kami adalah melayani semuanya, tidak boleh diskriminatif," katanya.

Ditegaskan Agus, pemerintahan yang bersifat partisan itu tidak sehat. Oleh karenanya, pihaknya sama sekali tidak mengetahui dan tak pernah memberikan ijin atas penggunaan lambang pemerintah daerah di kalender tersebut.

Secara tidak langsung, peredaran kalender ini disebutkan Agus telah menimbulkan opini tak baik di masyarakat. Untuk itu, Agus sepenuhnya menyerahkan kasus ini kepada mekanisme hukum yang ada.

"Sejak mendapat informasi awal dari Kesbangpol, kami sudah meminta segera berkoordinasi dengan Bawaslu. Untuk langkah - langkah berikutnya, kami serahkan sepenuhnya pada Bawaslu sesuai aturan yang berlaku," tegas Agus.

Sementara, Komisioner Bawaslu Sukoharjo Divisi Hukum Data dan Informasi, Muladi Wibowo mengatakan, berdasarkan investigasi, pihaknya menemukan kalender ini telah beredar di tiga titik kecamatan yakni, di Gatak, Grogol dan Polokarto. Jumlahnya ribuan eksemplar.

"Tentu kami akan melakukan kajian terhadap peraturan daerah yang mengatur penggunaan lambang pemerintah daerah. Apakah penggunaan (logo) ini hanya boleh dilakukan pemerintah daerah saja, ataukah masyarakat umum juga boleh menggunakannya," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners