Rekomendasi

Perda Perubahan RT RW Belum Juga Selesai, Ada Apa?

Selasa, 12 Maret 2019 : 21.30
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Hingga saat ini, rencana perubahan peraturan daerah (Raperda) mengenai recana tata ruang dan rencana wilayah (RT RW) Karanganyar, belum juga selesai.

Kepala Badan perencanaan, penelitian dan pengembangan (Baperlitbang) Setda Karanganyar, Muh Indrayanto, ketika dihubungi hariankota.com melalui telepon selularnya, Selasa (12/03/2019) mengatakan, Raperda perubahan RT RW yang diajukan oleh Pemkab Karanganyar tersebut, masih terus berproses dan berada di Kementerian ATR.

Menurutnya, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan internal kementerian, masih ada masukan dan koreksi yang harus ditindaklanjuti.

“Beberapa hari lalu, ada rapat internal di Kementerian. Dalam rapat tersebut, masih ada sejumlah masukan dan koreksi yang harus ditindaklanjuti,” katanya melalui sambungan telepon, Selasa (12/03/2019).

Dijelaskannya, salah satu masukan dan koreksi yang harus ditindaklanjuti tersebut, diantaranya, mengenai dasar atuuran, nomenklatur, penambahan nama dan klarifikasi.

“Sifatnya hanya koreksi saja, terkait dasar aturan, nomenklatur, penambahan nama dan klarifikasi. Rencana minggu depan akan dilaksanakan sinkronisasi dengan materi perubahan Perda RT RW Provinsi Jawa Teng dan daerah perbatasan,” jelasnya.

Muh Indrayanto juga tidak dapat memastikan kapan perubahan perda RT RW ini akan disahkan menjadi Perda. "Soal waktu saya tidak bisa memberikan keterangan mas. Soalnya ini masihh terus berproses,” pungkasnya.

Sementara itu, ketua Panitia Khusus (Pansus) perubahan Perda RT RW DPRD Karanganyar, Endang Muryani, saat dikonfirmasi hariankota.com melalui telepon selularnya, menyatakan, saat ini, baru dilakukan sinkronisasi di Kementerian.Meski demikian, pihaknya mendesak agar Raperda perubahan ini segera diselesaikan.

“Kita minta agar segera diselesaikan. Perubhan Perda RT RW ini, merupakan pijakan pembangunan di Karanganyar yang berkelanjutan,” kata Endang Muryani.

Sebagaimana diberitakan hariankota.com sebelumnya, proses pembahasan perubahan RT RW ini, sebagai pengganti Perda No 1 Tahun 2013, dimulai sejak awal tahun 2017 lalu.

Salah satu landasana perubahan Perda RT RW ini, karena proses pembangunan nasional hingga regional yang mengalami perkembangan yang signifikan, sehingga perlu diantisipasi dengan perubahan Perda RT RW, untuk menampung pengembangan investasi.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Jumali

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More