Rekomendasi

Peredaran Rokok Ilegal Makin Meluas, Satpol PP Kembali Amankan Rokok Bodong

Kamis, 14 Maret 2019 : 19.36
KARANGANYAR - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Karanganyar, dan satpol PP Jawa Tengah, kembali menyita dan mengamankan ratusan bungkus rokok tanpa pita cukai tembakau, dalam operasi gabungan yang melibatkan aparat kepolisian, serta tim dari bea cukai wilayah Surakarata.

Ratusan bungkus rokok bodong tersebut, diamankan dari sejumlah warung yang berada di Kecamatan Mojogedang, Tasikmadu, Jaten, Karanganyar Kota.

Meskipun telah dilakukan sosialisasi secara rutin, tetapi peredaran rokok tapa cukai ini, masih saja beredar di Karanganyar. Namun peredarannya secara sembunyi-sembunyi. Seluruh rokok sitaan ini, langsung diamankan untuk dimusnahkan.

Kepala satpol PP Karanganyar, Kurniadi Maulato, kepada hariankota.com serta awak media lain, mengatakan, operasi rokok ini dilakukan, mengingat semakin banyaknya rokok illegal yang beredar di pasaran, terutama di daerah pinggiran dan perbatasan dengan daerah lain.

Menurut Kurniadi, rokok bodong tersebut, dititipkan petugas penjualan masing-masing produsen ke pedagang. Sejumlah pedagang mengaku tidak tahu rokok tersebut ilegal.

“Meskipun sudah kita lakukan sosialisasi, tetapi peredaran rokok ilegal ini masih saja marak. Kita akkan terus melakukan penertiban, karena ini sangat merugikan negara,” kata Kurniadi, Kamis (14/03/2019).

Menurut pengakuan para pedagang, jelas Kurniadi, rokok illegal tersebut dititipkan oleh sales rokok resmi dan diminta untuk menjualkan.

Dijelaskan Kurniadi, rokok bodong diproduksi industri rumahan yang berasal dari luar Karanganyar. Bungkus rokok dan merek dibuat semirip mungkin dengan rokok yang beredar di pasaran secara legal.

“Sekilas mirip dengan rokok asli. Satpol tidak memberikan sanksi, hasil operasi ini selanjutnya dilaporkan ke bea cukai. Yang menindak kantor bea cukai," tandasnya.

Selain melakukan operasi terhadap peredaran rokok palsu, Satpol PP juga menertibkan dan membongkar sejumlah bangunan liar yang berada di Desa Ngringo Kecamatan Jaten. Bangunan liar tersebut dibangun di atas saluran air.

“Pembongkaran kita lakukan, setellah sebelumnya kita berikan surat peringatan, namun tidak diindahkan. Bangunan liar tersebut langsung kita bongkar,” tegasnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Bagikan :

Video Amatir Hujan Deras Pemukiman Warga di Lereng Candi Cetho Terkena Limpahan Air

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners