Rekomendasi

Pilkades Berbuntut Gugatan ke PTUN: Kalah Pilkades, Calon Kades Gugat ke PTUN

Sabtu, 23 Maret 2019 : 16.20
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Calon kepala desa Sumberejo, Kecamatan Kerjo yang tidak terpilih dalam pemilihan kepala desa (pilkades) yang digelar serentak beberapa waktu lalu, Djumadi,mengajukan gugatan ke Pangadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang.

Gugatan tersebut diajukan, karena merasa keberatan dengan hasil pilkades. Kepada hariankota.com Djumadi mengatakan, telah menggandeng 7 orang penasehat hokum untuk mendapingnya mengajukan gugatan terhadap hasil pilkades.

Menurutnya, salah satu alasan mengajukan gugatan tersebut, dalam pelaksanaan pilkades lalu, banyak terjadi kecurangan.

Akibat kecurangan tersebut, lanjut Djumadi, dia harus kalah dengan Sutopo, yang merupakan calon petahana dengan selisih 57 suara. Sutopo memperoleh 1.145 suara, Djumadi 1.088 suara, Wiyono 15 suara.

“Negara kita itu negara demokrasi mas, kalah menang itu hal biasa. Harus siap menang, dan siap kalah. Tapi Proses demokrasi itu ya harus benar, harus sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku, jangan sampai aturan di langgar,” kata dia, Sabtu (23/03/2019).

Sementara itu, Wijayono Hadi Sukrisno, saah satu tim penasehat hukum Djumadi, melalui telepon selularnya, mengatakan, akan menempuh jalur hukum, baik melalui PTUN, maupun pidana.

Untuk gugatan ke PTUN, jelasnya, proses awal sudah di lalui dengan mengirim nota keberatan kepada panitia pilkades Desa Sumberejo dengan tembusan kepada Bupati malalui Camat.

“Saya bersama tim penasehat hukum yang lain, telah mengumpulkan bukti-bukti pelanggaran yang akan saya ajukan ke PTUN, sedangkan untuk pidananya nanti akan saya ajukan kepada aparat kepolisian,” jelasnya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi, Kepala bagian pemerintah desa dan kelurahan Setda Karanganyar, Timotius Suryadi, tidak mempersoalkan jika ada pihak-pihak yang tidak menerima hasil pilkades dan akan mengajukan gugatan ke PTUN.

“Silahkan mengajukan gugatan atas keputusan bupati yang melantik para kades terpilih ini. Mereka yang mengajukan gugatan tentu memiliki alasan, kami juga memiliki lasan yang cukup kuat untuk melantik para kades. Biar nanti pengadilan TUN yang memutuskan,” tandasnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More