Rekomendasi

Polisi Siap Amankan Kunjungan Megawati di Sukoharjo

Rabu, 27 Maret 2019 : 18.49
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sesuai tahapan Pemilu 2019, saat ini telah memasuki jadwal kampanye terbuka. Mengantisipasi munculnya potensi kerawanan yang ditimbulkan dari massa peserta kampanye, seluruh jajaran kepolisian telah bersiap melakukan pengamanan.

Seperti saat gelar Almatsus (alat material khusus) di halaman Setda Sukoharjo, Rabu (27/3/2019), Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi menyampaikan, sebagai wilayah yang akan digunakan untuk kampanye terbuka, pihaknya menyiagakan 2/3 kekuatan.

"Kekuatan sebanyak itu bisa kami turunkan, tentunya dengan melihat situasi dan kegentingan. Disamping itu kami juga masih memiliki backup dari rekan - rekan TNI," kata Kapolres kepada hariankota.com dan awak media lain.

Disebutkan Kapolres, saat ini pihaknya telah menyiapkan pengamanan kampanye terbuka dari pengusung Capres - Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo - Ma'ruf Amin yang rencananya akan dihadiri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri pada, Minggu (31/3/2019) mendatang.

"Almatsus kami siagakan untuk pengamanan kampanye khususnya rapat terbuka. Apalagi dijadwalkan ada dua tokoh nasional yang akan hadir yakni, salah satunya Megawati," kata Kapolres.

Dalam gelar Almatsus pengamanan pemilu ini, sebanyak 320 unit kendaraan berbagai jenis dan fungsi milik Polres Sukoharjo, satu persatu oleh Kapolres dilakukan pengecekan untuk mengetahui sejauhmana kesiapannya jika sewaktu - waktu dioperasionalkan.

"Ini untuk memastikan seluruh kendaraan dalam keadaan siap jalan dan layak pakai. Saat ini, kami ada 2 kendaraan khusus yang tidak semua Polres memilikinya yakni, Armor Water Canon (AWC) dan mobil khusus penyuluhan, yang dilengkapi dengan lapak layar lebar.

Tak hanya kendaraan saja, sejumlah senjata dan perlengkapan penanganan huru - hara mulai pistol kejut listrik, granat asap hingga senjata berat inventaris juga tak luput dari pengecekan Kapolres.

"Selama masa kampanye, saya telah meminta masing masing kapolsek melakukan pendekatan pada tokoh politik atau penggerak massa sejak dini, sebagai langkah antisipasif. Terutama mengingatkan kepada peserta kampanye agar mematuhi aturan lalu lintas," paparnya.

Ditegaskan Kapolres, kepada peserta kampanye yang menggunakan alat transportasi sepeda motor diminta untuk tidak melepas knalpot, karena akan menimbulkan kebisingan yang menggangu masyarakat lain.

"Kita tidak hanya mengamankan jalannya kampanye, tapi juga keamanan masyarakat secara umum, karena jalan dan obyek vital juga difungsikan untuk umum. Kalau ada pelanggaran khususnya tertib lalu lintas akan ditindak tegas," tandasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor; Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More