Rekomendasi

Ribuan Linmas Sukoharjo Dikerahkan Amankan Area TPS Pemilu

Jumat, 22 Maret 2019 : 14.07
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Selama pelaksanaan Pemilu 2019, Pemkab Sukoharjo mengerahkan ribuan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dengan tugas ikut mengawal seluruh tahapan yang telah dimulai hingga mengamankan area Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari H pencoblosan nanti.

"Sebagai garda terdepan pelindung masyarakat yang lebih mengenal karakter sosial wilayah, maka dengan keterlibatan Linmas, pelanggaran dan risiko konflik bisa ditekan," terang Wakil Bupati Sukoharjo, Purwadi mewakili Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya kepada hariankota.com usai apel kesiapan pengamanan kampanye rapat umum tahapan Pemilu di halaman Setda setempat, Jum'at (22/3/2019).

Memiliki kekuatan jumlah anggota melebihi jumlah pasukan gabungan Polri,TNI dan Satpol PP, Satlinmas kata Purwadi, harus menjadi pelopor penggerak masyarakat dalam mewujudkan ketentraman, ketertiban, keamanan dan perlindungan masyarakat dalam Pemilu 2019.

"Jadi, Linmas yang ada diseluruh wilayah dikerahkan ke desa - desa untuk bersinergi dengan Polri dan TNI. Bilamana terjadi gangguan keamanan, mereka bisa langsung berkoordinasi melalui pos - pos yang sudah disiapkan," terang Wakil Bupati.

Seperti disampaikan, Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi, keterlibatan sejumlah potensi masyarakat diantaranya Satlinmas, diharapkan bisa bersama - sama menjaga, mengantisipasi, dan mensukseskan proses Pemilu pada saat pelaksanaan kampanye rapat umum.

"Penyelenggaraan rapat umum ini, acapkali menimbulkan kerawanan karena ada pengerahan massa dalam jumlah besar yang datang dari berbagai tempat," kata Kapolres.

Untuk itu Polres Sukoharjo telah menyiapkan sejumlah personil yang akan diterjunkan dalam pengamanan kampanye rapat umum. Adapun jumlahnya, 2/3 dari kekuatan keseluruhan personil yang ada. Ini, kata Kapolres, sesuai surat perintah pimpinan Polri.

"Jumlah personil dari Polres yang siap diturunkan ada 869 pasukan, ditambah nanti ada backup dari rekan - rekan Kodim 0726/ Sukoharjo," pungkas Kapolres didampingi Komandan Kodim 0726/ Sukoharjo, Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners