Rekomendasi

Seluruh Sekolah di Karanganyar, Laksanakan UN Berbasis Komputer

Jumat, 22 Maret 2019 : 15.28
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Untuk tahun 2019, seluruh Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SLTP) di Karanganyar, akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Tarsa, kepada hariankota.com serta awak media lain, usai gelar doa bersama menjelang UN, Kamis (21/03/2019) malam.

Menurut Tarsa, pada tahun 2018, hanya sebagian sekolah yang melaksanakan UNBK. Pada tahun ini, Disdikbud Karanganyar telah menyiapkan anggaran Rp6 miliar agar seluruh sekolah dapat melaksanakan UNBK.

Anggaran tersebut, jelas Tarsa, akan diberikan kepada sekolah yang berada jauh dari perkotaan.

“Untuk menghadapi UN, seluruhnya sudah kita siapkan. Termasuk persiapan teknis lainnya seperti server dan masalah listrik. Masing-masing sekolah sudah disiapkan 2 server dan sudah dilakukan uji coba. Seluruhnya berjalan lancar, sehingga kasus putusnya aliran listrik yang terjadi tahun lalu, tidak terulang kembali,” kata Tarsa.

Dijelaskannya, untuk UN tahun 2019 tingkat SMP, akan diikuti sebanyak 10.900 siswa yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 April sampai 24 April 2019. Sedangkan untuk tingkat sekolah dasar (SD) akan diikuti sebanyak 12.000 siswa.

Sedangkan mengenai UN tingkat SMK, SMA menurut Tarsa,akan dimulai pada tanggal 25 April 2019 sampai 28 April 2019. Saat ini, lanjutnya, seluruhnya sudah menjadi kewenangan Provinsi Jawa Tengah.

“Kalau UN tingkat SMK, SMA, seluruhnya sudah menjadi kewenangan Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More