Rekomendasi

Setelah Cabai, Kini Giliran Wortel Anjlok

Sabtu, 02 Maret 2019 : 20.32
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Setelah harga cabai yang mengalami penurunan harga yang cukup signifikan, kali ini, harga wortel juga mengalami nasib yang sama. Saat ini, haraga wortel ditingkt petani hanya Rp3000 per kilogram, dari sebelumnya Rp6000 per kilogram.

Akibatnya, penurunan harga yang mencapai 50 persen ini, para petani wortel di Tawangmangu menjerit.

Sebelumnya, para petani cabai di Desa Bunter juga mengeluhkan turunnya harga cabai ditingkat petani yang hanya Rp5000 kilogram. Padahal sebelumnya, harga cabai mencapai Rp20.000 per kilogram.

Informasi yang dihimpun hariankota.com, anjlokya harga wortel ini, disebabkan karena panen raya dan memebanjirnya wortel dari daerah lain. Kasno (60), salah satu petani wortel Tawangmangu, mengaku rugi dengan turunnya harga wortel di tingkat petani.

“Jelas rugi mas. Pada saat panen akhir Januari lalu, saya menjual hasil panen Rp6.000 per kilogram kepada pengepul. Kini anjlok Rp3.000 per kilogram", Sabtu (02/03/2019).

Petani lainya, Sarno (60) mengaku baru menjual hasil panen wortel dengan cara tebas, senilai Rp15 juta untuk hasil panen wortel sebanyak 5 ton di lahan seluas 3000 meter.

Sarno mengaku hany memperoleh keuntungan sedikit. Total biya produksi, jelasnya Rp juta. Biaya tersebut, belum termasuk biaya tenaga kerja. “Keuntungannya sangat minim. Saya tidak tahu sampai kapan penurunan harga ini,” keluhnya.

Disisi lain, pengepul wortel, Joko Sutanto (42) menjelaskan, harga wortel pada awal Januari dari petani Rp7.000 per kilogram. Kini, dia membeli dengan harga Rp3.000 per kilogram hingga Rp3.500 per kilogram.

Menurut Joko, penurunan harga wortel karena banyaknya pasokan dari luar daerah, terutama dari Boyolali yang memasuki masa panen raya pada bulan Janauari hingga Maret 2019 ini.

“Pasokan dari daerah lain melimpah karena panen raya. Karanganyar juga menerima pasokan wortel dari Boyolali,” ujarnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More