Rekomendasi

Status Gunung Bromo Masih Meski Semburkan Asap Vulkanis Ketinggian 1 KM

Rabu, 20 Maret 2019 : 13.32
Published by Hariankota
MALANG - Meski mengeluarkan asap vulkanis berwarna putih hingga kecoklatan, Gunung Bromo masih terlihat jelas dalam pantauan dari Posko Pengamatan Gunung Api (PPGA) di Cemorolawang, sepanjang Rabu (20/3/2019).

Petugas PVMBG pos pemantauan Gunung Api Bromo di Cemorolawang, Hadi Purwoko, mengatakan aktivitas erupsi vulkanis masih mengeluarkan asap vulkanis. Namun secara visualisasi pengamatan dari pos Gunung Bromo tetap terlihat cerah dan tampak jelas dengan suhu udara antara 10-16 °C, kelembaban udara 0-0 %, dan tekanan udara 0-0 mmHg.

"Kalau visualisasi Gunung Bromo terlihat jelas. Hanya mengeluarkan asap vulkanis bertekanan lemah, sedang, hingga kuat teramati berwarna putih, kelabu, dan coklat dengan intensitas tipis, sedang. Tebal dan ketinggiannya 50-1000 m di atas puncak kawah," jelasnya saat dihubungi hariankota, Rabu siang (20/3/2019).

Hadi menambahkan dari sekitar kawasan Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Bromo tercium aroma belerang dengan intensitas ringan hingga sedang.

"Statusnya masih waspada level II hingga kini. Untuk sementara masih aman jika tak mendekati kawah," ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta wisatawan tak mendekati kawasan kawah Gunung Bromo dengan radius 1 KM. "Pengunjung sudah kita minta menjauhi kawah gunung dengan radius 1 KM," pungkasnya.

Jurnalis: Miadaada

Editor: Jumali

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners