Rekomendasi

Ternyata Uang Kertas Tak Boleh Dilipat, Kenapa?

Selasa, 05 Maret 2019 : 20.17
MALANG - Bagi sebagian orang uang kertas dilipat ternyata hal yang biasa, namun siapa sangka ternyata uang kertas ternyata dilarang untuk dilipat.

Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi Bank Indonesia Malang Rini Mustikaningsih, mengatakan sebenarnya uang kertas tak boleh dilipat.

"Memang sebagian besar masyarakat kita belum tahu itu, tapi uang kertas tidak boleh dilipat supaya memperpanjang masa beredarnya," ujar Rini ditemui hariankota.com, Selasa (5/3/2019).

Terkait aturan pemeliharaan uang kertas, Bank Indonesia sebenarnya sudah mempunyai program 5 J. Namun program ini masih tampak asing di telinga masyarakat.

"Kami lagi mulai gencarkan sosialisasi 5 J yaitu jangan dilipat, jangan disteples, jangan dicoret, jangan dibasahi, dan jangan diremas. Ini sudah ada sejak 2016 tapi belum setenar 3 D," tambahnya.

Menurutnya, 5 J ini perlu disosialisaiskan lebih ke masyarakat untuk menjaga uang tetap layak edar. "Uang kan ada dua jenis, ULE atau Uang Layak Edar dan UTLE Uang Tidak Layak Edar. Kan sayang kalau uangnya tidak layak edar, karena mencetak uang prosedurnya lama," terang Rini.

Jika uang sudah lusuh maka tidak layak edar, jadi harus disortir kemudian dimusnahkan. "Setiap tahun ada di Bank Indonesia Malang ada uang yang tidak layak dimusnahkan sesuai kebutuhan," pungkasnya.

Jurnalis: Miadaada
Editor: Rahayu

Bagikan :

Video Amatir Hujan Deras Pemukiman Warga di Lereng Candi Cetho Terkena Limpahan Air

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners