Rekomendasi

Usai Banting Petugas Gunung Bromo, Turis Jerman Meminta Maaf

Sabtu, 23 Maret 2019 : 16.15
Published by Hariankota
MALANG - Viralnya sebuah video turis asing yang mendorong dan membanting lantaran dicegah mendekati kawah Gunung Bromo oleh petugas membuat Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) angkat bicara.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Data Evaluasi, Pelaporan, dan Humas TNBTS Sarif Hidayat menjelaskan dua turis asing laki - laki dan perempuan turis sempat memaksa untuk menaiki puncak Gunung Bromo untuk melihat aktivitas kawah

"Kejadiannya kemarin hari Jumat sekitar pukul 12.30, ada turis yang laki - lakinya dari Jerman dan ceweknya dari Rusia. Mereka mau menerobos ke puncak Bromo melihat kawah tapi dicegah petugas," jelas Sarif Hidayat, Sabtu siang (23/3/2019).

Sarif menambahkan keduanya nekat mendekati kawah lantaran penasaran dengan aktivitas vulkanis Gunung Bromo meskipun PVMBG sudah mengeluarkan larangan wisatawan untuk mendekat radius 1 KM dari kawah.

"Kemudian dia memaksa terus mungkin karena faktor penasaran terus dia terus memaksa tapi dicegah terus oleh petugas. Saat itu teman - teman berjaga di radius 1 KM untuk mencegah mendekati kawah sesuai rekomendasi PVMBG," bebernya, saat dihubungi hariankota.com.

Turis tersebut akhirnya berhasil dihalau oleh petugas, bahkan setelah dijelaskan oleh petugas jaga kedua turis itu meminta maaf.

"Jadi waktu kejadian ada 15 petugas yang Berjaga kebetulan sebagian sedang ibadah Jum'at. Akhirnya bisa dihalau untuk keluar dan sudah meminta maaf atas kejadian itu," bebernya.

Namun pihaknya belum ada tindakan untuk melakukan pelaporan ke kepolisian terkait tindakan tidak menyenangkan tersebut. "Sementara ini karena situasinya kurang mendukung belum ada pelaporan ke kepolisian ini," pungkasnya.

Jurnalis: Miadaada

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More