Rekomendasi

Viral, Bagaikan Air Bah, Pemukiman Warga di Bawah Candi Cetho Tergenang Air

Rabu, 13 Maret 2019 : 20.23
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Sebuah video menayangkan air mengalir cukup deras dari puncak bukti beredar luas di media sosial. Pantauan hariankota.com, di sejumlah medsos FB, air yang mengalir cukup deras itu terjadi di pemukiman warga yang ada di daerah Ngargoyoso, Karanganyar. Tepatnya di Candi Cetho.

Terlihat air yang mengalir seperti banjir air bah itu berwarna kecoklatan. Seperti yang di pantau hariankota.com dari sebuah akun facebook @menit. Dalam tayangan yang sudah dilihat 9.769 kali dan enam komentar serta dibagikan tiga kali ini terlihat jelas air itu mengalir cukup deras hingga ke pemukiman.

Dari penelusuran hariankota.com kondisi itu terjadi akibat hujan deras, yang hampir merata melanda wilayah Karanganyar, sejak Rabu (13/03/2013) sore.

Bahkan di sejumlah wilayah, hujan deras juga disertai angin kencang. Di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Karanganyar, guyuran hujan deras sempat membuat saluran air tersumbat dan air meluber ke jalan.

Bambang Pri, warga setempat, ketika dihubungi melalui telepon selularnya, mengatakan, sejak sore turun hujan deras. “Hujannya cukup deras, namun tidak sampai menimbulkan bencana,” katanya, Rabu (13/03/2019).

Ketika disinggung menegenai informasi yang beredar di media sosial bahwa di Dusun Cetho, Desa Gumeng terjadi banjir bandang, Bambang Pri membantah jika berita tersebut tidak benar.

“Itu bukan banjir bandang mas. Kebetulan saluran air tersumbat, sehigga air meluber ke jalan. Kebetulan jalan menurun, jadi air terlihat besar seperti banjir. Tidak betul jika terjadi banjir bandang. Saat ini, kondisi sudah seperti biasa,” ujarnya.

Disisi lain, menurut penuturan warga, jika hujan turun dengan intensitas tinggi, air yang berasal dari atas turun ke bawah. "Kalau hujan deras memang seperti ini mas. Air turun dari atas dan mengalir ke bawah. Ini biasa kalau hujan deras," ujar warga lain.

Sementara itu, di kecamatan Karanganyar kota, hujan yang turun cukup deras, membuat sejumlah warga was-was. “Agak khawatir juga mas. Biasanya hujan deras selalu disertai angin kencang. Kami khawatr jika terjadi bencana,” ujar Agus, warga karanganyar Kota.

Sebelumnya, beberapa hari lalu, hujan deras mengakibatkan terjadi tanah longsor yang menyebabkan pohon tumbang, di Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu. Akibatnya, dua pengendara sepeda motor, tertimpa pohon. Satu orang meninggal dunia.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Jumali

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More