Rekomendasi

Waduh Bawaslu Karanganyar Kekurangan Pengawas TPS

Jumat, 22 Maret 2019 : 20.04
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karanganyar, hingga saat ini masih kekurangan anggota pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan bertugas mengawasi proses pemungutan suara di masing – masing TPS.

Ada lima kecamatan yang masih kekurangan pengawas PS tersebut, masing-masing, Kecamatan Colomadu, Jenawi, Jumantono, Karanganyar Kota, dan Kebakramat.

Komisioner Bawaslu Divisi Organisasai dan Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Karanganyar Sudarsono, mengungkapkan, sampai dengan saat ini quota untuk petugas pengawas TPS yang berjumlah 3.149 orang, masih mengalami kekurangan sekitar 68 orang.

Padahal, menurut Darsono, pada tanggal 25 Maret 2019 mendatang, akan dilakukan pelantikan pengawas TPS.

“Kita masih kekurangan pengawas TPS. Salah satu faktor penyebabnya karena dalam proses dalamperekrutan terkendala ketentuan umur dan beberapa pendaftar yang mengikuti proses seleksi, masih aktif dalam organisasi politik,” kata Darsono, Jumat (22/03/2019).

Meski kekurangan, lanjut Sudarsono, Bawaslu optimis, kekurangan pengawas TPS tersebut, dapat tercukupi. “Semoga saja nanti bisa terpenuhi, ini kita mau terjun ke bawah melakukan koordinasi dengan Panwascam untuk mencari anggota atau pengawas TPS, yang belum terpenuhi,” harapnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Karanganyar, Nuning Ritwanita Priliastuti, untuk terus mengkampanyekan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) baik pemilihan presiden (pilpres) maupun pemilihan legislative (pileg) yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 April 2019 mendatang.

“Kita terus mengkampanyekan partisipasi masyarakat untuk mengawasi jalannnya pesta demokrasi. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi partisipatif yang dilakukan di plasa alun – alun Kabupaten Karanganyar, dengan menampilkan kesenian tradisional Reog dan Orkes Melayu.

Kami berharap dengan adanya sosialisasi tersebut, peran serta masyarakat untuk mengawasi proses pemilu yang ada di Karanganyar bisa lebih baik,” ujarnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners