Rekomendasi

Warga Temukan Koin Emas Hingga Guci Peninggalan Sejarah di Proyek Tol Malang - Pandaan

Selasa, 12 Maret 2019 : 19.30
MALANG - Penemuan benda kuno berupa koin emas, guci, dan struktur bangunan yang diduga merupakan peninggalan sejarah di proyek Tol Malang - Pandaan, tepatnya di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, ternyata sudah diketahui oleh beberapa warga sekitar.

Warga Desa Sekarpuro, Suyanto mengungkapkan memang keberadaan bangunan peninggalan sejarah baru terbongkar setelah adanya pengerukan tanah untuk proyek tol ini.

"Awalnya daerah sini ini perengan yang banyak ditanam pepohonan jarang sekali orang masuk sini. Karena ya tadi lokasinya yang di perengan dan dekat sungai," ujar Suyanto ditemui okezone.

Suyanto menambahkan beberapa warga memang mengetahui adanya keberadaan struktur bangunan batu bata, namun tak pernah berpikir kalau itu merupakan bagian dari peninggalan sejarah.

"Ya kalau bata memang ada, tapi kan kita tidak pernah tahu kalau itu semacam situs atau bangunan peninggalan sejarah," bebernya, Selasa (12/3/2019).

Namun pria 52 tahun ini membenarkan bila sejak ada pengerukan proyek tol warga sekitar dan para pekerja tol kerap menemukan koin - koin emas, guci, dan batu bata yang diduga peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit.

"Koin - koin uang kuno banyak memang ditemukan di sana sisi utara. Kalau untuk guci juga ada, tapi karena terkena bego taunya pas sudah rusak tapi memang ada yang menemukan," jelasnya. '

Di sisi lain Agus Tri selaku Humas PT Jasamarga Pandaan Malang, kontraktor tol Malang - Pandaan mengatakan pengerjaan proyek tol di sektor 4, sementara akan dihentikan.

"Pekerjaan proyek di lokasi sementara kita hentikan menunggu hasil kajian Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan," ujar Agus saat ditemui hariankota.com di lokasi.
Bagikan :

Video Amatir Hujan Deras Pemukiman Warga di Lereng Candi Cetho Terkena Limpahan Air

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Read More

Our Partners