Rekomendasi

4.520 Polisi - TNI Amankan Pemilu di Malang Raya

Selasa, 16 April 2019 : 11.35
Published by Hariankota
MALANG - Menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 pada Rabu besok, petugas keamanan POLRI, TNI, dan elemen terkait melakukan apel pergeseran pasukan ke TPS yang digelar Alun - Alun Kota Malang dan halaman Polres Malang di Kepanjen Kabupaten Malang, pada Selasa pagi (16/4/2019).

Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri menyatakan setidaknya telah menyiapkan 825 personel dari Polres Malang Kota dibantu oleh 2 SSK dari TNI dan Satpol PP.

"Kita siapkan 825 personel, dibantu 2 SSK dari TNI, Satpol PP, dan unsur lainnya," ujar Asfuri. Asfuri menambahkan pola pengamanan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) berbeda - beda melihat tingkat kerawanannnya.

"Pengamanan di TPS ada pola 1 Polri 3 TPS, 6 linmas, ada 1 Polri di 5-6 TPS dengan 10 - 12 Linmas. Kenapa pola ini dipakai karena TPS di Kota Malang bisa dianggap amankan dan jarak yang tak terlalu jauh," terangnya.

Menurutnya, para personel ini nantinya akan ditempatkan di TPS hingga perhitungan suara selesai dan ikut mengawal hasil rekapitulasi ke tingkat kelurahan dan kecamatan.

"Pasukan melekat sampai perhitungan suara, begitu selesai penghitungan suara akan pergeseran dari TPS ke TPS. Seluruh personel PAM TPS apabila ada gangguan keamanan segera lapor ke mako untuk kita back-up pasukan," bebernya.

Sementara itu di wilayah Kabupaten Malang, Polres Malang menyiapkan setidaknya 2.095 personel pada Pemilu 2019 besok.

"Untuk itu, Kami telah menyiapkan pengamanan sebanyak 2.095 personel gabungan dari TNI atau Polri dan intansi lainnya. Saya sangat berharap agar pada saatnya bertugas rekan-rekan semuanya unsur pengamanan dapat melaksanakan semua dengan baik, bertugas dengan rasa keikhlasan dan penuh tanggung jawab serta senantiasa menjaga kekompakan dan kebersamaan," ungkap Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung.

Di sisi lain, Kodim 0818 yang membawahi wilayah Kabupaten Malang dan Kota, menyiagakan setidaknya 1.400 personel.

“Saya dari aparat TNI telah menyiapkan 1400 personil, meraka ini kami serahkan kepada Kapolres Malang, dalam artian dalam komando Polres Malang,” tutur Dandim 0818/Kabupaten Malang-Batu Letkol Inf. Ferry Muzawwad.

Jurnalis: Miadaada
Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More