Rekomendasi

Apel Siaga Bawaslu, Hari Tenang Pemilu Adalah Titik Krusial

Jumat, 12 April 2019 : 19.00
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Menjelang 5 hari pencoblosan Pemilu 2019, beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kabupaten Sukoharjo memiliki potensi kerawanan cukup tinggi.

Hal itu dikatakan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo, Bambang Muryanto, Jum'at (12/4/2019) di alun - alun Satya Negara, Sukoharjo, usai apel siaga pengawasan pemilu dan apel patroli pengawasan anti politik uang pada masa hari tenang.

"Hari tenang adalah titik krusial, karena pada hari tenang biasanya malah terjadi proses-proses yang merusak sendi - sendi demokrasi, baik berupa money politik maupun kampanye terselebung di hari tenang," kata Bambang kepada hariankota.com dan awak media lain.

Tentang beberapa TPS yang disebutkan memiliki potensi kerawanan cukup tinggi, secara diplomatis Bambang menyampaikan belum bisa mengumumkan ke publik.

"Untuk saat ini, kami fokus di TPS-TPS yang kerawanannya cukup tinggi, tapi untuk detail TPS mana saja, kami belum bisa mempublikasikan," ujarnya.

Dijelaskan, ada 10 indikator kerawanan TPS yakni diantaranya, dekat dengan rumah sakit, pondok pesantren, di tempat caleg ataupun di rumah tim sukses.

"Dari indikator itu, kami merekomendasikan untuk memindahkan lokasi TPS, karena ini resiko kerawanannya cukup tinggi," tandasnya.

Seperti diketahui masa hari tenang akan dimulai dari Minggu - Selasa (14-16/4/2019). Oleh karenanya apel siaga yang diikuti seluruh Panwascam, PPDK dan PTPS se Sukoharjo ini dimaksudkan mengecek kesiapan jajaran Bawaslu dalam pengawasan selama hari tenang.

Jurnalis : Sapto

Editor : ALI

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More