Rekomendasi

Bawaslu Karanganyar Kembali Tertibkan APK Menyalahi Aturan

Senin, 01 April 2019 : 16.39
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Karanganyar, kembali melakukan penertiban terhadap alat peraga kampanye (APK), baik pemilihan presiden (pilpres) maupun pemilihan legislative (pileg).

Penertiban APK ini dilakukan serentak di seluruh wilayah Karanganyar, Senin (01/03/2019). Penertiban atribut partai ini, melibatkan Satpol PP, dan aparat kepolisian.

Penertiban ini harus dilakukan, karena partai politik di Karanganyar dinilai membandel karena tetap nekad memasang APK di lokasi yang dilarang.

Ketua Bawaslu Karanganyar, Nuning Ritwanita Priliastuti, kepada hariankota.com serta awak media lain, mengatakan, penertiban APK yang melanggar ini, merupakan penertiban ketiga kalinya dilakukan Bawaslu. Dalam penertiban ini, menurut Nuning, ada sedikit penurunan jumlah APK yang ditertibkan.

“Dalam penertiban kali ini, memang ada sedikit penurunan jika dibandingkan dengan penertiban sebelumnya.Karena sebelum kami lakukan penertiban, kami minta kepada seluruh partai politik, tim sukses, untuk menurunkan APK yang tidak sesuai aturan,” kata Nuning.

APK yang ditertibkan Bawaslu, lanjutnya, karena tidak sesuai dengan ketentuan undang-undang nomor 7 tahun 2017, Peraturan KPU nomor 23 tahun 2018 maupun Peraturan Bupati Karanganyar nomor 5 tahun 2013.

"Ini adalah upaya kami dalam menegaskan aturan yang ada. Artinya, jika ada APK yang melanggar terus kami tertibkan," jelasnya.

Nuning menambahkan, selain melakukan penertiban. Pihaknya juga melakukan inventarisir APK yang baru dipasang dan teridentifikasi melanggar. Bawaslu bakal mengirim surat kepada Partai Politik yang terindikasi melanggar.

"Jika teguran itu tidak diindahkan, maka kami akan melakukan penertiban lagi," ujarnya. Pihaknya berharap kepada seluruh peserta pemilu, tim kampanye serta simpatisannya untuk bersama mentaati peraturan yang ada, untuk menjaga kondusifitas pada saat pesta demokrasi ini.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More