Rekomendasi

Diduga Mengalami Kelelahan, Anggota KPPS Meninggal

Rabu, 24 April 2019 : 15.12
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Albertus Tri Nugroho (59) anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 17 Desa Jati, Kecamatan Jaten, meninggal dunia di kediamannya jalan Berdikari II No 9 Perum Dosen Jaten, Rabu (24/04/2019) sekitar pukul 05.30 Wib.

Informasi yang dihimpun hariankota.com, Albertus meninggal dunia diduga akibat kelelahan setelah sebelumnya bersama anggota KPPS lainnya melaksanakan pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS) pada tanggal 17 April 2019 lalu.

Rahmad, salah satu adik almarhum, mengatakan, dia menerima kabar duka pagi hari sekitar pukul 06.00 melalui isteri almarhum. Saat itu, menurut Rohmad, almarhum akan kembali tidur setelah sebelumnya mengantarkan anaknya yang akan berangkat kerja di depan rumah.

“Saya mengetahui jika kakak saya meninggal dunia setelah dikabari isteri almarhum. Saya juga kaget. Padahal malam harinya, saya sempat berkomunikasi melalui sambungan telepon. Kakak saya meninggal setelah mengantarkan anaknya yang akan bekerja hingga ke depan pintu gerbang rumahnya,” kata Wahyu.

Menurut Wahyu, usai melaksanakan tugas sebagai anggota KPPS, kakaknya tersebut sempat mengeluh sakit dan merasa kelelahan karena bekerja hingga larut malam.

“Sebelumnya almarhum sempat mengelauh kelelahan. Sebagai petugas KPPS, harus bekerja mulai pagi hingga proses penghitungan surat suara selesai. Saya pikir, ini akumulasi dan puncak kelelahan almarhum,” ujarnya.

Sementara itu, usai dilakukan prosesi keagamaan, jenazah Albertus Tri Nugroho, dimakamkan di pemakan umum Desa Jati, Kecamatan Jaten.

Terpisah, ketua PPK Kecamatan Jaten, Sumaryanto, membenarkan jika almarhum merupakan salah satu anggota KPPS 17 Desa Jati, Kecamatan Jaten. Menurutnya, sejak pemungutan suara, almarhum sudah mengeluh sakit.

“Sejak pemungutan suara, almarhum memang mengeluh sakit kepada anggota dan ketua KPPS lain. Saya menyarankan, agar tidak memaksakan diri saat bekerja. Saya yakin, korban kelelahan setelah sebelumnya mempersiapkan berbagai keperluan sebelum dan sesudah pemungutan suara.

Ditambahkannya, PPK Kecamatan Jaten, telah melaporkan meninggalnya anggota KPPS Desa Jatyi ini kepada KPU. “Kami sudah melaporkan meninggalnya anggota KPPS serta kronologisnya kepada KPU Karanganyar,” jelasnya.

Sebelumnya, ketua PPK Kecamatan Tasikmadu, Sapto Nugroho juga meninggal dunia pada hari Rabu (24/04/2019) dinihari sekitar pukul 00.00 Wib, setelah sebelumnya menjalani perawatan di salah satu rumah sakit.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More