Rekomendasi

Enam PPK Mulai Lakukan Rekapitulasi Penghitungan Surat Suara

Sabtu, 20 April 2019 : 19.25
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mulai melakukan rekapitulasi suara yang berasal dari tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing desa, Sabtu (20/04/2019).

Informasi yang dihimpun hariankota.com, ada enam kecamatan yang melakukan rekapitulasi dari 17 kecamatan yang ada di Karanganyar. Enam kecamatan tersebut, masing-masing, Kecamatan Karanganyar kota, Matesih, Tawangmangu, Ngargoyoso, Jatipuro dan Kebakramat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, Triastuti Suryandari, kepada hariankota.com, mengatakan, sesuai dengan tahapan, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan KPU, maka proses rekapitulasi tingkat kecamatan, dimulai pada tanggal 18 April 2019 sampai dengan 4 Mei 2019.

Sedangkan rekapitulasi tingkat kabupaten, akan dilaksanakan pada tanggal 22 April 2019 sampai dengan 7 Mei 2019. Dan penetapan akan dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2019.

“Hasil rekapitulasi tingkat kecamatan ini, selanjutnya diserahkan kepada KPU, sebagai bahan untuk melakukan rekapitulasi penghitungan surat suara tingkat kabupaten,” kata Triastuti, Sabtu (20/04/2019).

Dijelaskannya, KPU sebagai penyelanggara pemilihan umum di daerah, juga melakukan input dan scan data. Input data yang berasal dari formulir C1 dilakukan, karena pihaknya tidak melakukan proses hitung cepat. Input data, lanjutnya, sudah mulai dilakukan sejak tanggal 18 April 2019 lalu.

“KPU juga melakukan input data. Kita lakukan scan dan entri untuk tingkat kecamatan,” jelasnya.

Ketika disnggung mengenai sejumlah partai politik yang melakukan input data yang diterima dari masing-masing saksi di TPS, Triastuti, menegaskan jika input data yang dilakukan oleh partai politik tersebut, sebagai salah satu bentuk pengawasan terhadap jalannya proses penghitungan suara.

“Bagi KPU, input data yang dilakukan oleh partai politik atau siapapun, merupakan bentuk pengawasan darimasyarakat. Kami justur sangat mengharapkan agar masyarakat berperan aktif, sehingga nantinya diperoleh hasil yang cukup valid,” tandasnya.

Disisi lain, Bdan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Karanganyar, melakukan pemantauan terhadap jalannya rekapitulasi penghitungan suara di masing-masing kecamatan ini.

“Pengawasan tetap kita lakukan. Bahkan semakin intensif. Kita berharap, sellruhnya bisa berjalan dengan baik. Masyarakat kami harapkan juga ikut melakukan pemantauan,” jelas ketua Bawaslu Karanganyar, Nuning Ritwanita Priliastuti.

Jurnalis : Iwan Iswanda

Editor : Mahardika

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More