Rekomendasi

Gaet Mahasiswa Baru, Perguruan Tinggi Terkemuka Taiwan Gelar Pameran

Rabu, 24 April 2019 : 21.03
Published by Hariankota
YOGYAKARTA - Sebanyak 15 Perguruan Tinggi terkemuka di Taiwan mengelar pameran pendidikan untuk mengaet calon mahasiswa baru dari Indonesia. Pameran bertajuk Taiwan Higher Education Fair (THEF) 2019 kali ini digelar di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

"Hari ini mereka mengelar pameran disini (UMY), nanti setelah dari sini akan mengelar kegiatan serupa di Universitas Airlangga, Surabaya," kata Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto pada wartawan, Rabu (24/2/2019).

Pameran ini menjadi kesempatan emas bagi siswa yang akan lulus dari SLTA sederajat ataupun mahasiswa untuk mengali informasi lebih dalam perguruan tinggi di Taiwan. Mereka bisa mencari informasi beasiswa untuk melanjutkan studi di luar negeri.

Gunawan menyampaikan biaya hidup dan juga biaya perkulihan di Taiwan jauh lebih murah di negara lain seperti Australia. Begitu juga kondisi sosial dan kebijakan pemerintaj Taiwan begitu ramah dengan muslim.

"Di Taiwan menawarkan kuliah murah dan pemerintah sana ramah pada muslim. Setiap kampus sudah ada mushola untuk menjalankan ibadah bagi setiap muslim," katanya.

Secara umum, dari 15 PT di Taiwan itu menawarkan fasilitas ramah muslim serta biaya kuliah plus biaya hidup yang terjangkau, sekitar 150 us dollar per bulan. Itu menjadi kabar baik bagi mahasiswa di Yogyakarta apalagi warga Muhammadiyah untuk mendapatkan manfaat dari kolaborasi dua Negara ini.

"Pemerintah Taiwan menyediakan banyak beasiswa, salah satunya untuk mahasiswa Indonesia baik itu di tingkat Vokasi, Sarjana, dan Pascasarjana," katanya.

Pameran pendidikan ini dapat menjadi peluang bagi generasi muda untuk mendapatkan kesempatan menempuh pendidikan tinggi dengan kualitas yang sangat baik. Biaya kuliahnya juga murah, begitu juga biaya hidup yang murah.

"Biaya hidup 1 tahun di Australia bisa dibuat tujuh tahun di Taiwan. Universitas di sana juga memiliki restoran halal dan banyak tempat ibadah (mushola) di kampus. Jadi mereka sangat memperhatikan muslim di sana," katanya.

Dr. Ying Huei Chen (Dean of International College, Asia University) mempertegas perkataan rektor UMY tentang kualitas yang sangat baik dari universitas di Taiwan serta lingkungan pendidikan yang ramah muslim.

Saat ini ada sekitar 11.800 pelajar Indonesia yang berada di Taiwan. Mereka berada di berbagai kampus di Taiwan. Jumlah itu merupakan jumlah yang cukup banyak karena peringat kedua setelah Malaysia.

"Di kampus saya di Asia University ada kantor Muhammadiyah, jadi kami dengan UMY memiliki koneksi yang sangat baik. Kami menawarkan banyak beasiswa untuk mahasiswa Indonesia, kemudian biaya spp yang murah," tambahnya.

Ia menyampaikan di Taiwan memiliki kualitas pendidikan yang sangat-sangat baik. Hampir semua dosen sudah memiliki gelar Ph. D di Amerika Serikat, United Kingdom, Australia dan Jepang.

"Seperti yang sudah sempat saya katakan, kami memiliki restoran halal dan tempat ibadah untuk muslim. Jadi Taiwan dapat menjadi salah satu tempat terbaik untuk melanjutkan pendidikan," katanya.

Pameran pendidikan ini ditargetkan bisa memperoleh 2000 peserta calon mahasiswa baru, baik dari SMA/SMK maupun mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi di Taiwan.

Pameran ini mendapat sambutan positif. Hal itu terlihat dari stand kampus yang banyak dikunjungi untuk mendapat informasi pendidikan di Taiwan.

Jurnalis: Danang Prabowo

Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More