Rekomendasi

Hadiri Peringatan Isro' Mi'raj, Presiden Jokowi Ingatkan Pentingnya Jaga Ukuwah

Rabu, 03 April 2019 : 22.40
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo disertai cucu, Jan Ethes, menghadiri Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW tingkat kenegaraan Tahun 2019 di GOR Pendawa, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Rabu (3/4/2019) malam.

Pantauan hariankota.com, kepada ribuan jamaah yang hadir memenuhi tempat acara, Presiden Jokowi meyampaikan, Indonesia adalah negara besar dimana banyak hal yang mesti di persiapkan untuk pemerataan pembangunan.

“Ada yang perlu makan, perlu infrastruktur dan pemerataan pembanguan lainnya. Negara kita ini majemuk, terdiri berbagai suku dengan 1100 lebih bahasa daerah. Saya sendiri saja untuk menghafal nggak bisa,” kata Jokowi.

Dikatakan Jokowi, perbedaan ini merupakan anugerah dari Allah yang tak bisa lagi dielakkan. Ini sudah hukum Allah. Oleh karena, perbedaan jangan menjadikan bangsa Indonesia terpecah.

“Jangan sampai karena urusan politik, kita lupa menjaga ukuwah, lupa menjaga persaudaraan. Gara – gara perbedaan pilihan Bupati, Gubernur hingga Presiden, kita dengan tetangga nggak saling bertegur sapa,” ucap Jokowi.

Dalam acara yang juga dihadiri beberapa pejabat negara diantaranya, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Jokowi pun mewanti – wanti jangan sampai karena urusan poltik kemudian memicu konflik, apalagi jika konflik itu masuk ranah agama.

“Sekali lagi, saya berpesan, agar kehidupan bangsa Indonesia menjadi baik maka kuncinya adalah menjaga ukuwah,” tandasnya.

Sebelumnya, Menag Lukman Hakim Saifuddin, dalam sambutannya menyampaikan, Islam mengajarkan salah satu tujuan hakiki ibadah sholat adalah agar umat pemeluknya memilki benteng moral.

“Sebagai bagian dari umat muslim terbesar di dunia maka kita mesti memilki sifat toleran, tidak ekstrim,” tegas Menag.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More