Rekomendasi

Hari Pertama Masa Tenang Pemilu, Banyak APK Masih Tegak Berdiri

Minggu, 14 April 2019 : 17.15
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sesuai peraturan, memasuki masa hari tenang kampanye Pemilu 2019, semua alat peraga kampanye (APK) harus bersih dari semua titik yang mengotori pemandangan terhitung mulai Sabtu (13/4/2019) tepat pukul 00.00 WIB.

Dari pantauan hariankota.com, Minggu (14/4/2019), sejumlah wilayah Kabupaten Sukoharjo pada pagi hingga menjelang siang hari, masih banyak APK berupa baliho dan spanduk caleg serta gambar capres - cawapres menghias ruas jalan, terutama daerah pinggiran.

Melihat masih banyaknya peserta pemilu yang membiarkan APKnya terpasang di hari tenang, Bawaslu Sukoharjo bersama Satpol PP dengan peralatan lengkap, dan disertai anggota polisi bergerak melakukan pembersihan menyisir jalan di tiap kecamatan.

"Mulai tanggal 14 - 16 April adalah masa tenang. Seluruh peserta pemilu tidak boleh melakukan kegiatan yang berbau kampanye. Oleh karena itu, kami melakukan pembersihan APK," terang Komisioner Bawaslu Sukoharjo Divisi Penindakan Pelanggaran, Rochmad Basuki.

Disebutkan Rochmad, dari operasi pembersihan APK bersama aparat gabungan yang dibagi menjadi 2 tim ini, diperoleh hasil yang cukup banyak. Mulai dari bendera parpol, banner, spanduk hingga baliho besar yang harus menggunakan tangga untuk menjangkaunya.

"Dari survey kemarin (Sabtu-Red) sebelum kami melakukan pembersihan, ternyata jumlahnya sudah banyak yang berkurang. Alhamdulillah, peran serta peserta pemilu cukup baik. Mereka rupanya sudah banyak yang sadar melakukan penertiban APKnya sendiri," ujarnya.

Seperti di wilayah perbatasan Sukoharjo dengan Klaten, sejumlah warga juga tampak sedang menurunkan baliho dan sejumlah spanduk.

Pengakuan dari salah seorang diantaranya, Heru Cipto Nugroho yang juga Caleg DPR RI dapil V Jateng, proses pembersihan APK sudah dimulai sejak Sabtu kemarin sore hari.

"Kami sudah mulai bergerak sejak kemarin sore bersama - sama warga lain yang kebetulan mereka ini relawan dan kader partai. Dari beberapa tempat yang sudah kami sisir jumlahnya APKnya cukup banyak," tukas Heru.

Jurnalis : Sapto Nugroho

Editor : Mahardika

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners