Rekomendasi

Ingin Wakil Rakyat Bersih, Kampung Ini Deklarasikan Tolak Politik Uang

Selasa, 16 April 2019 : 17.45
Published by Hariankota
KOTA MALANG - Maraknya pembagian uang menjelang Pemilu membuat warga di Kampung Kidul Pasar, Kelurahan Sukoharjo, Klojen, Kota Malang mendeklarasikan diri sebagai kampung anti politik uang.

Warga memasang 1 buah spanduk dan 76 poster penolakan politik uang di 2 RW yakni RW 6 dan 7 di wilayahnya.

Ketua RT 3 RW 7, Azwin Muzakki mengungkapkan latarbelakang kampungnya mendeklarasikan menolak politik uang dengan memandang spanduk dan poster lantaran banyaknya anggota DPRD Kota Malang periode 2014 -2019 yang terlibat kasus suap.

"Ada 1 spanduk dan 76 poster yang disebar di 2 RW. Kami memang sepakat bersama warga, tokoh agama, dan tokoh masyarakat untuk menolak politik uang dan mendeklarasikan diri sebagai kampung anti politik uang. Kami ingin punya wakil - wakil rakyat dan pemimpin yang bersih dengan ongkos politik yang tak mahal," terang Azwin.

Bahkan untuk merealisasikan hal tersebut, pengurus kampung memasang puluhan CCTV di beberapa titik di 9 RT di RW 7.

"Kalau di RW 7 kita terdapat 50 kamera CCTV. Itu untuk mengawasi keamanan termasuk orang baru yang dianggap mencurigakan. Kita juga awasi bilamana ada pembagian uang melalui CCTV tersebut," ungkapnya kembali.

Nantinya bila dari pengamatan CCTV terbukti ada orang yang membagikan uang ke warga, pengurus RT maupun RW akan melaporkan ke pihak terkait.

"Kita akan melaporkan kepada pihak terkait, kalau perlu dilaporkan akan segera dilaporkan ke bawaslu atau panwas bila ada pemberian uang," bebernya, saat ditemui hariankota.com Selasa (16/4/2019).

Sementara itu, warga RT 3 Lukman Hidayat menyatakan bila edukasi menolak politik uang dilandasi dengan kekecewaan warga terhadap para wakil rakyat yang terlibat kasus suap.

"Ini berkaca pada suap byang melibatkan hampir semua anggota dewan Kota Malang. Kami ingin Malang dipimpin oleh anggota dewan yang bersih dan orang - orang baik," pungkasnya.

Jurnalis: Miadaada

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More