Rekomendasi

Kekurangan Surat Suara, Pemilih Tambahan Sempat 'Panaskan' Pemilu di Malang

Rabu, 17 April 2019 : 17.59
Published by Hariankota
KOTA MALANG - Satu jam menjelang berakhirnya masa pencoblosan beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kelurahan Sumbersari, Kelurahan Lowokwaru, Kota Malang, mengalami kekurangan ratusan surat suara.

Bahkan membludaknya pemilih yang belum mencoblos membuat keamanan sedikit tegang lantaran sejumlah pemilih yang didominasi mayoritas mahasiswa ini berada argumen dengan beberapa pengurus PPS di Kantor Kelurahan Sumbersari, Kota Malang.

Salah seorang Pemilih Suyatno (56) bahkan mengakui anaknya yang menjadi pemilih pemula tak bisa mencoblos lantaran surat suara yang habis.

"Tadi saya dan anak saya sudah di TPS 22 RW 6 Sumbersari dari jam 11.00 WIB, tapi katanya surat suaranya habis disuruh ke KPU kata petugasnya," bebernya.

Tak hanya Suyatno, beberapa pemilih lain yang didominasi mahasiswa ini hingga pukul 12.50 masih menunggu kepastian menggunakan hak suaranya dimana.

"Kita masih menunggu ini mau nyoblos dimana. Masih belum ada surat suaranya," ungkap Dimas, mahasiwa Universitas Malang ini, yang menggunakan suaranya di TPS 19 Sumbersari.

Di sisi lain Komisioner KPU Divisi Perencanaan Data dan Teknis Deny Bachtiar mengakui adanya kekurangan surat suara di beberapa wilayah termasuk di Kelurahan Sumbersari dan Ketawanggede.

Namun pihaknya sudah menyiasati dengan memindahkan beberapa pemilih dan mendatangkan surat suara dari TPS lainnya.

"Kita siasati dengan memindahkan pemilih yang belum mendaftar ke TPS itu atau menggeser surat suara TPS yang masih lebih ke yang kurang," pungkasnya.

Guna mengantisipasi gangguan keamanan pihak keamanan sendiri pun menerjunkan dua truk dari personel Polri dan TNI. Namun hingga menjelang pukul 14.00 WIB situasi keamanan berangsur kondusif.

Jurnalis: Miadaada
Editor: Jumali

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More