Rekomendasi

Masa Tenang Pemilihan Umum, Bawaslu Bersihkan APK dan BK

Minggu, 14 April 2019 : 16.45
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Memasuki masa tenang pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019, ribuan alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) yang berada di seluruh wilayah Karanganyar, mulai dibersihkan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Minggu (14/04/2019).

Pantauan hariankota.com, APK dan BK yang dibersihkan di sepanjang jalan utama Karanganyar tersebut lebih didominasi baliho, spanduk, bendera partai politik yang terpasang di pinggir jalan.

Para petugas mencopot segala bentuk alat peraga kampanye. Mulai dari alat peraga kampanye yang menampilkan caleg maupun capres. Bahkan untuk membersihkan baliho yang cukup besar, petugas Satpol PP harus menggunakan pisau yang diikatkan ke salah satu kayu yang cukup panjang.

Komisioner Bawaslu Karanganyar, Sudarsono, kepada hariankota.com serta awak media lain, mengatakan, memasuki masa tenang yang dimulai sejak tanggal 14 April 2019 hingga 16 April 2019, seluruh APK dan BK serta bendera partai politik, serta berbagai atribut lain yang masih berkaitan dengan pemilu, harus dibersihkan.

“Seluruhnya kita bersihkan sehingga dimasa tenang hingga hari pemungutan suara, tidak ada lagi atribut yang berbau kampanye,” ujarnya.

Kampanye Pemilu 2019 telah berakhir sejak Sabtu (13/4). Setelah itu Pemilu 2019 memasuki masa tenang selama tiga hari. Masa tenang dimulai sejak Minggu (14/4) hingga Selasa (16/4), sehari sebelum hari pemungutan suara dilakukan, Rabu (17/4/2019).

Selama masa tenang, KPU juga meminta agar tidak ada hal-hal yang berbau kampanye, baik itu alat peraga maupun iklan kampanye.

Jurnalis : Iwan Iswanda

Editor : Mahardika

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More