Rekomendasi

Pemohon e-KTP di Sukoharjo Membludak Jelang Coblosan Pemilu

Senin, 15 April 2019 : 15.36
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Mendekati hari H pencoblosan Pemilu 2019, angka perekaman pemohon Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kabupaten Sukoharjo terus mengalami kenaikan signifikan dalam beberapa hari terakhir.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sukoharjo, Wisnu Murti saat ditemui hariankota.com, Senin (15/4/2019) mengatakan, akibat membludaknya pemohon e-KTP, pihaknya melakukan kerja hingga petang hari.

"Ini seiring dengan banyaknya permohonan surat keterangan (Suket), perekaman dan pencetakan e-KTP, dimana sejak beberapa hari terakhir setiap harinya rata - rata mencapai sekira 1.000 orang," terangnya.

Layanan kependudukan kepada masyarakat melebihi jam kerja tersebut dilakukan untuk mempercepat proses administrasi karena kebutuhan, terutama menjelang coblosan Pemilu 2019, pada 17 April mendatang.

"Membludaknya pemohon Suket dan perekaman ini juga karena sebelumnya, kami telah membuat surat edaran kepada seluruh desa agar menyampaikan informasi kepada warga yang sudah berusia 17 tahun segera melakukan perekaman e-KTP," katanya.

Sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 20 Tahun 2019 tentang Pemilu, bagi mereka yang belum memiliki e-KTP namun sudah melakukan perekaman dengan bukti Suket dapat menggunakan hak pilihnya untuk mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Selain menjadi syarat menggunakan hak pilih dalam Pemilu, kenaikan angka perekaman disebutkan Wisnu juga disebabkan oleh terciptanya ekosistem yang mendukung di wilayah Kabupaten Sukoharjo.

"Jadi ini tidak hanya untuk pemilu saja. Ada juga untuk mengakses layanan publik seperti kesehatan, asuransi, hingga Surat Izin Mengemudi (SIM). Di luar itu, upaya jemput bola dan sosialisasi juga terus kami galakkan," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More