Rekomendasi

Persiapan Coblosan, Bawaslu Sukoharjo Temukan Kotak Suara Pemilu Rusak Terkena Hujan

Selasa, 16 April 2019 : 17.49
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Gelar patroli, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo bersama instansi terkait ke sejumlah tempat menemukan kotak suara rusak yang tak mungkin bisa digunakan akibat terkena air hujan.

"Ya, kemarin (Senin malam) pada waktu kami melakukan supervisi ke kecamatan - kecamatan untuk mengecek pendistribusan logistik dari PPK (Pantia Pemilihan Kecamatan) ke PPS (Panitia Pemungutan Suara) memang ada 2 kotak yang basah terkena hujan saat dalam perjalanan," kata Rochmad Basuki Komisioner Bawaslu Divisi Penindakan Pelanggaran, Selasa (16/4/2019).

Kepada hariankota.com, Rochmad mengatakan, temuan kotak suara basah tersebut ada di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Nguter. Adapun penyebabnya, karena armada pengangkut yang digunakan adalah mobil bak terbuka dengan penutup tenda terpal plastik.

Saat dalam perjalanan pendistribusian, kotak suara yang terbuat dari bahan karton ini tidak seluruhnya terlindungi dari tetesan air hujan yang mengguyur wilayah Sukoharjo pada, Senin (15/4/2019) sore hingga malam harinya.

"Setelah kami cek, ternyata dibawah segel kotak suara yang basah tersebut rusak atau jebol. Kalau segelnya sendiri masih terikat dengan baik sehingga tidak merusak isi didalamnya," terangnya.

Dari temuan itu, kata Rochmad, pihaknya telah meyampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo yang kemudian ditindak lanjuti dengan mengganti kotak suara rusak dengan yang baru.

"Selain 2 kotak suara rusak atau jebol tadi, kami juga menemukan 10 kotak suara yang berpotensi rusak. Namun untuk mengantisipasi, terhadap 10 kotak suara ini kemudian (dirapikan) dengan cara diplester menggunakan lakban kuning juga disegel dengan segel KPU," ucap Rochmad.

Terpisah, Suci Handayani, Komisioner KPU Sukoharjo Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, saat dikonfirmasi awak media membenarkan adanya temuan kotak suara rusak di Desa Tanjungrejo.

"Saat hujan pada Senin sore kemarin ada kotak suara yang rusak karena terkena air, tapi sudah diganti dengan yang baru. Persiapan logistik sudah clear ( selesai -Red). Kalau ada kekurangan bukan pada logistik utama," katanya.

Mengingat yang rusak hanya kotak suara, maka KPU hanya mengganti dengan kotak suara yang baru. Sedangkan isi didalamnya disebutkan Suci dijamin aman karena terbungkus plastik.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More