Rekomendasi

Rekapitulasi Mendapat Pengawalan Ketat Aparat Kepolsian dan TNI

Selasa, 30 April 2019 : 17.53
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Proses pelaksanaan rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, Selasa (30/04/2019) mendapat pengawalan aparat keamanan, baik TNI maupun aparat Kepolisian setempat.

Pantauan hariankota.com, rekapitulasi penghitungan perolehan suara, yang digelar di ruang rapat paripurna DPRD Karanganyar teraebut, pengamanan dimulai dari pintu masuk lokasi hingga menuju ke ruang rapat paripurna. Satu persatu, tamu undangan mendapat pemeriksaan dari petugas.

Demikian halnya saat memasuki ruang paripurna sebagai lokasi rekapitulasi. Di pintu masuk aparat kepolisian juga melakukan pemeriksaan. Bagi yang tidak membawa surat undangan dan tanda pengenal, tidak diperbolehkan masuk.

"Pengamanan kita lakukan secara maksimal agar proses rekapitulasi dapat berjalan lancar. Petugas kita hanya melakukan pengamanan dan berada di luar," kata Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gatot Efendi.

Sementara itu, ketua KPU Karanganyar, Triastuti Suryandari, mengatakan, proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara hasil pemilihan umum, baik pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2019, merupakan lanjutan setelah sebelumnya dilakukan rekapitulasi di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Menurutnya, rekapitulasi tingkat kabupaten ini, diawali dengan pembacaan hasil perolehan suara pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

"Rekapitulasi mengacu pada hasil penghitungan perolehan suara di tingkat PPK. Para saksi diminta untuk mencermati proses rekapitulasi ini," ujarnya.

Terpisah, bupati Karanganyar, Juliyatmono, usai menyaksikan proses rekapitulasi, kepada hariankota.com serta awak media lain, menyatakan, sejaka awal pelaksanaan pemilihan umum, seluruhnya berjalan lancar.

Hasil rekapitulasi ini, jelas bupati akan diumumkan oleh KPU. "Saya berharap, semua pihak menerima apapun hasil yang diumumkan KPU sebagai hasil yang resmi sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang. Hasil penghitungan yang dilakukan di luar KPU hanya bersifat prediksi," kata bupati.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More