Rekomendasi

Selama Ramadhan, Pemerintah Janji Kendalikan Harga Kebutuhan Bahan Pokok

Senin, 29 April 2019 : 17.32
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Menjelang bulan suci Ramadhan, Kementrian Perdagangan (Kemendag) bekerjasama dengan jajaran dinas terkait di tingkat daerah akan mengawal pergerakan harga dan ketersediaan barang kebutuhan bahan pokok di pasaran.

Berkaca dari pengalaman tahun - tahun sebelumnya, tingginya permintaan bahan pokok selama bulan puasa hingga puncaknya mendekati lebaran, dinilai rentan mempengaruhi kenaikan harga di tingkat konsumen.

Di Kabupaten Sukoharjo, agar kebutuhan bahan pokok tersebut dapat dijangkau masyarakat dengan harga wajar, Dinas Perdagangan Koperasi (Disdagkop) UKM mengumpulkan ratusan pedagang untuk diberi sosialisasi tentang program pengendalian harga.

"Ini adalah salah satu upaya mencegah munculnya penimbun yang bermain setiap menjelang perayaan hari besar keagamaan. Selain itu, kami secara intensif akan menstabilisasikan harga melalui penetrasi pasar (operasi pasar)," kata Kepala Disdagkop UKM Sukoharjo, Sutarmo kepada hariankota.com disela sosialisasi di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D) Graha Wijaya, Sukoharjo, Senin (29/4/2019).

Diungkapkan Sutarmo, dalam beberapa hari terakhir pihaknya tengah memantau pergerakan naiknya harga komoditi bawang putih yang telah dikeluhkan masyarakat di tingkat konsumen.

Jika angka kenaikannya tak wajar, maka akan dilakukan tindakan operasi pasar sekaligus mencari sumber penyebabnya.

"Penetrasi pasar akan dilakukan dengan tujuan menjaga pasokan dan harga bahan pokok tersebut tetap terkendali seperti tahun-tahun sebelumnya. Harapannya agar masyarakat selama ramadhan tidak terbebani naiknya harga pangan atau kelangkaan barang,” ujarnya.

Untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok di daerah, Sutarmo menjanjikan, akan mengawal kelancaran distribusi berbagai komoditas bahan pokok melalui kerja sama perdagangan antar daerah, khususnya daerah sentra produksi dan sentra konsumsi.

"Dengan cara ini, indikasi kelangkaan barang bisa terdeteksi dengan cepat dan segera dapat diantisipasi. Misalnya seperti bawang putih ini, jika ada temuan kenaikan harga, maka kami cek jalur distribusinya sebelum kesini (Sukoharjo-Red) yakni, di pasar gede Solo," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More