Rekomendasi

Surat Suara Telah Berlobang Warnai Pemungutan Suara di Sukoharjo

Rabu, 17 April 2019 : 13.47
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sejumlah surat suara Pemilu 2019 di Kabupaten Sukoharjo diketahui telah berlobang seperti bekas tercoblos saat dibagikan kepada pemilih di Tempat Pemungutan Suara ( TPS).

Informasi yang diperoleh hariankota.com, Rabu (17/4/2019) temuan tersebut dilaporkan terjadi di TPS 10, Desa Wironanggan, Kecamatan Gatak, dimana lembar surat suara Paslon Capres- Cawapres nomor urut 01 ada lobang sebesar jarum.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Divisi Data, Hukum dan Informasi, Muladi Wibowo saat dikonfirmasi awak media membenarkan kejadian temuan tersebut.

"Proses awal di ketahui oleh pemilih pertama bernama Joko Wismo Waluyo. Ia minta ganti surat suara lantaran di lembar surat suara Capres- Cawapres pada gambar foto paslon 01 telah berlobang," terangnya melalui sambungan telepon.

Atas temuan itu, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) langsung melapor ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa/ kelurahan yang lantas dicek kebenarannya oleh Ketua PPS bersama anggota Panwascam Gatak.

Setelah dilakukan pengecekan dan benar adanya, maka berdasarkan masukan saksi parpol yang ada, termasuk saksi paslon capres - cawapres 01 dan 02, dan petugas Pengawas TPS, oleh Ketua KPPS surat suara berlobang kemudian diganti dengan surat suara lainnya.

Dari kejadian pemilih pertama itu, petugas KPPS dan anggota Linmas kemudian melakukan pengecekan satu persatu surat suara lainnya, sebelum dibagikan kepada pemilih dengan menggunakan lampu senter telepon genggam.

"Hasilnya, ditemukan lagi 9 surat suara yang telah berlobang untuk paslon 01 dan 2 surat suara berlobang untuk paslon 02. Totalnya untuk di TPS 10 ini ada 12 lembar yang telah berlobang," sebut Muladi.

Dalam kasus ini, dikatakan Muladi, setiap pengecekan dan terjadi temuan surat suara berlobang atau rusak, petugas KPPS meminta konfirmasi dan masukan kepada semua saksi dan PTPS.

"Surat suara tersebut lantas di beri tanda lingkaran di sekitar titik lobang kecil, serta di sebaliknya di beri tanda silang dengan alat tulis bulpoint," terangnya.

Menurut Muladi, pihaknya telah memberikan masukan agar PPS segera koordinasi dengan PPK dan KPU, dengan segera mengisi form kejadian khusus. Selain itu, Bawaslu juga memberi saran jika memungkin agar meminta surat suara tambahan ke KPU.

"Kami meminta agar temuan surat suara yang telah berlubang sebesar jarum menjadi surat suara rusak," tandasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners