Rekomendasi

Terbanyak, KPU Karanganyar Lantik Ribuan KPPS di Alun-alun

Jumat, 05 April 2019 : 23.18
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Ribuan ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dilantik secara bersamaan di alun-alun Karangnyar, Jumat (05/04/2019).

Usai pelantikan dan pengambilamn sumpah sebagai ketua KPPS, dilanjutkan dengan deklarasi peilihan umum (pemilu) yang langsung, jujur, umum bebas dan jujur. Ikrar deklarasi pemilu damai ini, dibacakan langsung bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, Triastuti Suryandari, kepada hariankota.com serta awak media lain, menyatakan, ada sekitar 22.043 KPPS se Kabupaten Karanganyar. Yang dilantik hanya ketua, sebanyak 3.149 orang.

“Prinsipnya, kita semua siap melaksanakan pemilu. Seluruhnya sudah kita siapkan sebaik mungkin,” jelas Triastuti.

KPPS, meneurut Triastuti, akan bekerja pada hari H pemungutan suara, 17 April, hingga penghitungan suara rampung. Trias, sapaan akrabnya, menyinggung peran KPPS yang lain. Salah satunya memastikan penyandang disabilitas menggunakan hak suaranya di TPS.

“Kami minta agar KPPS menegedapankan akses bagi penyandang disabilitas. Termasuk soal pendamoingan. Khusus untuk pendampingan ini, tentu dengan catatan. Arena tidak semua penyandang disabilitas harus didampingi. KPPS hanya bisa mendampingi jika secara fisik tidak memungkinkan,” jelasnya.

Sementara itu, bupati Karanganyar, Juliyatmono, menegaskan, masyarakat menaruh harapan penuh kepada KPPS dalam proses demokrasi tahun 2019 ini. Bupati mengingatkan, agar KPPS menghindari sekecil apapun kesalahan, karena legitimasi ada di KPPS.

“Semua menaruh harapan kepada KPPS. Publik mengingatkan agar KPPS bekerja dengan baik. Hindari sekecil apapun kesalahan, karena legitimasi ada di KPPS. Masih ada waktu, sehingga secara teknis, masih biasa diantisipasi,” tandas bupati.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Video Presiden Jokowi Bersama Keluarga Masuk ke Dalam Ka'bah Saat Ibadah Umroh

Berita Terbaru

Read More

Our Partners