Rekomendasi

Terjadi Selisih, Bawaslu Instruksikan Pengecekan Ulang

Senin, 22 April 2019 : 18.50
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Karanganyar, menginstruksikan kepada PPK untuk melakukan pengecekan ulang saat dilakukan rekapitulasi penghitungan surat suara di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Matesih, yang dimulai pada hari Sabtu (20/04/2019).

Hal tersebut dikatakan Komisioner Bawaslu, Sudarsono kepada hariankota.com, melalui telepon selularnya, Senin (22/04/2019).

Menurut Sudarsono, pengecekan ulan dilakukan karena teradi perbedaan data yang dimliki saksi akbiat kesalahan penjumlahan perolehan suara dari salah satu pertai politik.

Menurut Sudarsono, pengecekan data dilakukan setelah penghitungan surat suara, dengan melakukian pencocokan data emlalui form C 1 yang dimiliki oleh saksi.

“Memang ada pengecekan ulang karena ada perbedaan hasil penjumlahan dan selisih suara,” katanya. Secara keseluruhan, menurut Sudarsono, proses rekapitulasi penghitungan surat suara, berjalan lancar.

“Pengawasan ini dilaksankan Bawaslu agar tidak terjadi penggelembungan maupun penyusutan perolehan suara. Hasil rekap KPPS di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dilaksanakan sebelumnya, merupakan pedoman untuk penghitungan perolehan suara pada sesi berikutnya.

Data pengawasan kita di TPS lalu senantiasa kita sandingkan dengan rekapitulasi, sehingga fungsi kontrol akan tetap berjalan," jelasnya.

Sementara itu, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, Triastuti Suryandari, ketika dikonfirmasi, membenarkan terjadinya pengecekan ulang di PPK Matesih.

Triastuti membantah jika di PPK dilakukan penghitungan ulang. Jika penghitungan ulang, lanjutnya, maka seluruh proses dimulai lagi darii awal.

“Memang benar dilakukan pengecekan ulang dan bukan penghitungan ulang. Pengecekan ulang dilakukan karena ada selisih dan perbedaan penjumlahan surat suara. Alhamdulillah, semua pihak bisa menerima hasil pengecekan ulang tersebut,” ujarnya.

Disisi lain, ketua DPC PDIP Karanganyar, Endang Muryani, menyikapi terjadi keasalahan penjumlahan proses rekapitulasi penghitungan suara di tingkakt PPK, pihaknya tetap melakukan pengawalan secara ketat, untuk meminimalkan potensi kesalahan dalam penghitungan.

“Kami kawal dengan ketat. sehingga kesalahan penghitungan dalam rekapitulasi penghitungan di PPK Matesih tidak terulang kembali,” tandasnya.

Jurnalis : Iwan Iswanda

Editor : Mahardika

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More