Rekomendasi

Awal Ramadan, Harga Komoditas Pangan di Sukoharjo dan Karanganyar Merangkak Naik

Kamis, 09 Mei 2019 : 19.59
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Puluhan petugas gabungan dari Polres Sukoharjo, Dinas Pertanian dan Perikanan, Bulog, Dinas Kesehatan dan Dinas Perdagangan melakukan monitoring harga kebutuhan bahan pokok di bulan Ramadan dengan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar.

"Hampir seminggu pelaksanaan bulan puasa, sejumlah harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Namun meskipun mengalami kenaikan masih di dalam batas normal," kata Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Netty Harjanti disela sidak di Pasar Kartasura, Sukoharjo, Kamis (9/5/2019).

Beberapa kebutuhan yang mengalami kenaikan yaitu, daging sapi dan telur, namun menurut Netty kenaikanya tidak begitu signifikan, artinya masih dalam batas normal. Adapun untuk harga bahan pokok yang turun adalah bawang putih. Dari Rp 65.000/ kg sekarang turun menjadi Rp 45.000/kg.

Kepada hariankota.com Netty menyatakan, secara keseluruhan hingga awal bulan Ramadan ini, pasokan kebutuhan bahan pokok tidak ada kendala. "Misalnya, stok beras sampai Hari Raya Idul Fitri nanti sudah aman. Hal ini karena di Kabupaten Sukoharjo sendiri baru saja memasuki musim panen," sebutnya.

Sementara itu setelah mengalami kenaikan harga yang cuku signifikan satu hari menjelang buan Ramadan lalu, hara bawang putih di sejumlah pasar tradisional mulai turun. Penurunan komoditas ini, sejak dua hari terakhir.

Siti, salah satu pedagang di pasar Nglano, Kecamatan Tasikmadu, kepada hariankota.com Kamis (09/05/2019), mengatakan, penurunan harga bawang putih tersebut, sejak dua hari terakhir.

Menurutnya, saat ini, haraga bawang putih jenis cingcau jika sbelumnya, mencapai Rp75.000 per kilogram, turun menjadi Rp40.000. Sedangkan untuk bawang putih jenis kating dan Rp50000 per kilogram.

“Harga mulai turun mas. Kita berharap harga kembali stabil,” kata Siti, Kamis (09/05/2019).

Dijelaskannya, salah satu penyebab kenaikan harga bawang putih ini, karena permintaan yang cukup tinggi, sedangkan pasokan dari pedagang besar yang ada di Pasar Legi, Solo, minim, dan harus dibagi ke sejumlah pedagang kecil lainnya.

“Awal puasa kemarin memang banyak permintaan mas, sedangkan pasokan kurang. Sekarang sudah lancar dan harga mulai stabil,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Siti, yang justru mengalami kenaikan adalah cabai rawit merah. Jika sebelumnya harga cabai rawit merah ini hanya Rp25.000 per kilogram, saat ini, mengalami kenaikan menjadi Rp27.000.

Tidaka hanya cabai, gula juga ikut naik. Dari sebelumnya Rp11.500 per kilogram, naik menjadi Rp12.000 per kilogram. Sedangkan harga telur masih tetap di angka Rp22.500 per kilogram.

“Untuk harga kebutuhan pokok lain, seperti beras, minyak goreng, masih stabil,” jelasnya.

Jurnalis : Sapto Nugroho/Iwan Iswanda

Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More