Rekomendasi

Bea Cukai Surakarta Amankan Ratusan Ribu Bungkus Rokok Ilegal

Rabu, 15 Mei 2019 : 13.49
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Kantor Bea Cukai Surakarta, mengamankan 338.000 bungkus rokok atau setara dengan 6.643.200 batang rokok illegal dari salah satu gudang yang berada di Makamhaji, Sukoharjo.

Selain mengamankan barang bukti ratusan ribu bungkus rokok illegal, Bea Cukai Surakarta mengamankan empat orang pelaku yang saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka. Jumlah kerugian negara yang berhasil diselamatkan dalam kasus ini sebesar Rp. 2.666.716.800.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Surakarta Kunto Prasti Trenggono, kepada hariankota.com serta awak media lain, Rabu (15/05/2019), mengatakan, terungkapnya kasus ini bermula dari keberhasilan petugas Bea Cukai Kanwil Jateng DIY, yang menggagalkan pengiriman rokok illegal sebanyak 121 koli di Semarang, pada tanggal 4 Maret 2019 lalu.

Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, jelas Kunto, rokok ilegal tersebut ternyata berasal dari gudang yang berada di Sukoharjo.

Setelah dilakukan penggeledahan, dari gudang yang berada di Sukoharjo ini, petugas mengamankan sebanyak 132 koli rokok illegal jenis sigaret kretek mesin (SKM) dan sigaret kretek tangan (SKT) berbagai merk tanpa dilengkapi dengan pita cukai.

Di lokasi gudang, juga diamankan dua unit mobil pick up milik HF yang sudah terisi penuh kerdus berisi 25 Koli rokok ilegal yang hendak dibawa oleh KM dan AL, serta satu unit mobil Isuzu Elf yang berisi 25 koli rokok illegal.

“Berdasarkan hasil pengembangan dalam penyelidikan, rokok illegal ini diketahui milik AP, sekaligus pemilik gudang, yang diperolehnya dari HF. Rokok ilegal ini berasal dari Jepara dan Malang Jawa Timur. Rencananya rokok tanpa cukai ini akan dikirim ke Bangka Belitung.

Atas perbuatannnya, para tersangka dijerat dengan pasal 54 dan atau pasal 56 juncto pasal 59 UU tahun 1995 sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 39 tahun 2007 tentang cukai juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Berkas perkara ini, telah dilimpahkan ke Kejaksaan negeri (Kejari) Sukoharjo, untuk proses hukum lebih lanjut.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Jumali

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More