Rekomendasi

BI Perwakilan Malang Rp 4,7 Triliun untuk Layani Penukaran Uang

Rabu, 08 Mei 2019 : 15.30
Published by Hariankota
KOTA MALANG - Guna memenuhi kebutuhan uang tunai bagi masyarakat selama Ramadan dan Idul Fitri 2019, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang bekerja sama dengan perbankan (bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat) untuk melayani penukaran uang pecahan kecil.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang Azka Subhan mengatakan layanan penukaran uang ini dibagi menjadi 2 tempat di kantor Bank Indonesia dan pusat keramaian.

"Layanan penukaran uang pecahan kecil bisa didapatkan di pusat keramaian maupun di kantor bank yang telah bekerja sama dengan BI," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang, Azka Subhan, ditemui Rabu (8/5/2019) di ruangannya.

Untuk mengawali pembukaan pelayanan penukaran uang tersebut, Bank Indonesia Malang berencana melepas mobil kas keliling di lapangan parkir Bank Indonesia Malang pada Minggu, 26 Mei 2019 pukul 08.00 WIB

Adapun titik lokasi kas mobil perbankan untuk penukaran bersama khususnya kepada masyarakat di Kota Malang akan dilaksanakan di Gedung Kartini Jalan Tangkuban Perahu setiap pagi pukul 08.00-selesai dan dilayani oleh 6 bank umum.

"Sebagai upaya mendukung kesiapan perbankan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat untuk uang pecahan tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang menyiapkan uang kartal sebanyak Rp 4,7 Triliun," ungkapnya.

Jumlah tersebut merupakan nominal yang diperhitungkan melalui estimasi kenaikan jumlah permintaan kebutuhan uang pada periode Ramadaan dan Idulfitri sebelumnya. Yakni sekitar 20 persen lebih tinggi dari periode tahun sebelumnya yang sejumlah Rp 3,9 Triliun.

"Dana tersebut dipersiapkan baik untuk penarikan secara tunai melalui kantor layanan maupun mesin ATM masing-masing perbankan, serta melalui pelayanan kas keliling kepada masyarakat," jelasnya.

Selain itu Perbankan juga menyediakan layanan penukaran Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Yaitu penukaran kartu ATM berlogo Master Card dengan kartu ATM berlogo Garuda.

Kartu tersebut memberikan keunggulan transaksi di berbagai EDC/ATM bank lainnya dan nasabah hemat biaya administrasi Rp 1.000 per bulan. Namun demikian, GPN baru bisa digunakan untuk transaksi dalam negeri saja.

Nantinya, Bank Indonesia akan melayani penukaran uang serentak melalui 72 titik outlet bank umum dan 49 titik outlet BPR di wilayah kerja Bank Indonesia Malang selama delapan hari atau sejak 26 Mei 2019 hingga 2 Juni 2019.

Outlet akan diletakkan pada titik-titik strategis di Malang, Batu, Pasuruan dan Probolinggo dengan menggunakan 13 mobil kas keliling. Satu mobil milik Bank Indonesia, sedangkan 12 mobil lainnya milik BNI, BCA, BTN, CIMB Niaga, Permata Bank, Bank Muamalat, BPD Jatim, BPD Jatim Syariah, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, BRI, dan BRI Syariah.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang menghimbau kepada masyarakat agar menukar uang di tempat-tempat penukaran resmi, bik yang dilakukan oleh BI, perbankan maupun pihak lain yang ditunjuk oleh BI. Hal itu untuk menghindari risiko uang palsu dan kemungkinan selisih.

"BI juga menghimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam bertransaksi dengan menggunakan uang. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk selalu cermat dan teliti terhadap ciri keaslian uang serta memperlakukan dan merawat rupiah dengan baik," pungkasnya.

Jurnalis: Miadaada
Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More