Rekomendasi

Bubur Samin, Menu Berbuka Khas Selama Ramadan

Senin, 06 Mei 2019 : 21.39
Published by Hariankota
SOLO - Bagi warga Kota Solo dan sekitarnya, bubur samin,sudah tidak asing lagi. Makanan khas warga keturunan Banjar yang menetap di kota Solo, menejadi menu utama saat berbuka puasa.

Setiap bulan Ramadan, warga keturunan Banjar yang tinggal di Kampung Jayengan Kidul RT 3 RW 8, Kelurahan Jayengan, Kecamatan Serengan, Solo ini selalu menyajikan takjil berupa bubur Samin dan dibagikan secara gratis bagi warga masyarakkat yang ada sekitar masjid Darussalam maupun masyarakat yang berbuka di dalam masjid.

Muhammad Rosyidi, Takmir Masjid Darusalam, mengatakan, membuat dan membagikan bubur Samin ini, merippakan tradisi turun temuran yang dimula sejak tahun 1911 lalu.

“Bubur ini dawalnya dibawa para pedagang batu permata yang berasal dari martapura Kalimantan Selatan. Para pedagang ini, selalu berkumpul di sekitar masjid ini dan akhirnya menetap sampai sekarang,” katanya, Senin (06/05/2019).

Dijelaskannya, dinamakan bubur Samin, karena dalam proses pembuatannya dicampur dengan minyak Samin sebagai terbuat bumbu penyedap, serta rempah-rempah dan daging.

“Bubur ini tidak beda dengan bubur lain. Hanya saja, campuran minyak samin dan rempah-rempah, sayuran dan susu, menjadi ciri khas bubur ini,” jelasnya.

Ditambahkannya, bubur ini dimasak oleh para Takmir Masjid dan divbagikan kepada masyarakat sekitar serta untuk berbuka puasa bagi jamaah masjid.

“Sebagaian kita bagikan kepada warga, dan sebagian lag kita bagikan kepada para jamaah masjid untuk berbua puasa,” ujarnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More