Rekomendasi

Caleg Terpilih Perempuan Masih Didominasi Petahana

Minggu, 12 Mei 2019 : 22.25
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Dari 45 calon legislatif (caleg) yang terpilih dalam pemilihan legislatif (pileg) lalu, Sembilan orang diantaranya adalah perempuan. Sembilan srikandi ini, diprediksi akan menjadi wakil rakyat di Karanganyar periode 2019-2024.

Hal ini berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara yang dilakaukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar. Hasil perolehan suara pileg tersebut, 8 orang diantaranya adalah petahana, dan satu orang merupakan pendatang baru.

Keterwakilan prempuan di lembaga legislative ini, menegalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2014, dimana caleg terpilih mencapai 12 orang.

Ke Sembilan perempuan yang diprediksi menjadi wakil rakyat tersebut, masing-masing, Endang Muryani, Latri Listyowati, Eny Candrawati (PDIP), Siti Khomsiyah, Suwarni, Tutik Rushandini (Partai Golkar), Sri Sumarti (PAN) Tiara Puspita, caleg pendatang baru asal PKB.

Salah satu caleg petahana yang terpilih kembali, Endang Muryani, kepada hariankota.com mengaku sempat khawatir tidak terpilih kembali.

Endang yang berasal dari daerah pemilihan (dapil) III yang meliputi, Kecamatan Jumantono, Jumapolo, Jatipuro dan Jatiyoso ini, harus bersaing dengan caleg pendatang baru, baik dari internal partai, maupun luar partai.

“Sempat ada kekhawatiran mas. Setelah melalui perjuangan yang cukup berat seluruh kader partai dan relawan, Alhamdulillah bisa terpilih kembali,” kata Endang melalui telepon selularnya, Minggu (12/05/2019).

Sementara itu, caleg terpilih pendatang baru asal PKB, Tiara Puspita menyatakan, persaingan untuk mendapatkan satu kursi di dapil II yang meliputi Karangpandan, Tawangmangu, Kerjo, Ngargoyoso dan Jenawai, cukupu berat. Dia hrus bersaing dengan para caleg senior dan petahana.

“Saya harus bersaing dengan orang-orang berpengalaman. Pertarungannya cukup keras. Alhamdulillah saya bias terpilih dengan suara yang cukup,” ujarnya.

Terpisah, Dewi, salah satu warga Jaten Karanganyar berharap, agar para caleg terpilih ini, dapat mengawal dan memeperjuangkan aspirasi kaum perempuan di Karanganyar.

“Kami hanya berharap agar para legislator ini, dapat memperjuangkan aspirasi perempuan yang sampai saat ini belum terdengar,” harapnya.

Prediksi Caleg Perempuan DPRD Kabupaten Karanganyar Periode 2019-2024

1. Latri Listyowati (PDIP)
2. Tutik Rushandini (Partai Golkar)
3. Suprihatin (PDIP)
4. Endang Muryani (PDIP)
5. Suwarni (Partai Golkar)
6. Sri Sumarti (PAN)
7. Eni Candrawati (PDIP)
8. Siti Khomsiyah (Partai Golkar)
9. Tiara Puspita (PKB)

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More