Rekomendasi

Densus 88 Anti Teror Tangkap Seorang Penjual Dawet Warga Perumahan di Sukoharjo

Selasa, 14 Mei 2019 : 19.45
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Seorang laki – laki warga penghuni komplek perumahan Graha Tiara 2 di Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo ditangkap oleh sejumlah orang diduga Tim Densus 88 Anti Teror, Selasa (14/5/2019).

Penangkapan terjadi usai warga yang kemungkinan terlibat jaringan terorisme ini melaksanakan sholat Subuh berjamaah di Mushola Al A'Rof tak jauh dari rumahnya.

Informasi yang dihimpun hariankota.com, warga yang kesehariannya diketahui berjualan minuman dawet tersebut berinisial AG ( 25). Dia tercatat sebagai warga Dukuh Sadakan Kidul, RT 03/RW 02, Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura.

Ketua RT setempat, Nuralim saat ditemui awak media, Rabu sore mengatakan, AG beserta istri dan satu orang anaknya yang berumur sekira 1 tahun merupakan warga baru di komplek perumahan.

"Dia sudah sekira 6 bulan lebih tinggal di lingkungan sini. Kesehariaannya berjualan makanan dan minuman dawet yang lokasinya berdekatan dengan warung sayuran milik mertuanya. Tempatnya tak jauh dari sini, masih satu desa," terangnya.

Menurut Nuralim, sejak menetap di perumahan, tak ada tanda - tanda perilaku mencurigakan dalam keseharian AG. Dia membaur layaknya warga kampung pada umumnya.

Sementara, setelah penangkapan pada pagi hari, sekira pukul 14.00 WIB puluhan orang berpakaian preman dengan pengamanan polisi dari Polsek Kartasura dan Polres Sukoharjo melakukan penggledahan dirumah AG di saksikan Kepala Desa (Kades) Gumpang, Dwi Nuryanto dan Nuralim selaku Ketua RT.

"Jadi sebelumnya saya tidak tahu jika ada salah satu warga ditangkap Densus 88 Anti Teror. Saya baru tahu setelah Pak Kapolsek Kartasura menanyakan alamat rumah warga yang ditangkap subuh tadi," kata Kades Gumpang.

Dari penggledahan ini, Tim Densus Anti Teror membawa sejumlah barang bukti seperti, 4 buah hape, buku tauhid, dan kwitansi yang dimasuk dalam sebuah kardus.

"Ada sekira 15 petugas dengan wajah ditutup yang masuk menggledah. Sedangkan selama penggledahan, sejumlah Polisi dari Polres Sukoharjo dan Polsek Kartasura terlihat hanya mengamankan diluar rumah warga yang ditangkap tadi pagi," sebutnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Kartasura Polres Sukoharjo, AKP Sarwoko membenarkan adanya penangkapan terhadap seorang warga yang diduga terkait jaringan teroris. "Infonya iya. Tapi untuk keterangan lebih lanjut, langsung ke Densus saja," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More