Rekomendasi

Densus 88 Bekuk 29 Terduga Teroris yang Akan Ledakan Bom pada 22 Mei 2019

Jumat, 17 Mei 2019 : 19.28
Published by Hariankota
JAKARTA - Sebanyak 29 terduga teroris dari jaringan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) ditangkap Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror. Mereka diduga berencana melakukan serangan bom pada 22 Mei 2019.

“Kami menangkap 18 orang tersangka di Jakarta, Bekasi, Karawang, Tegal, Nganjuk, dan Bitung di Sulawesi Selatan,” jelas Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan (17/5/2019).

Sedangkan 11 terduga teroris lainnya ditangkap di sejumlah lokasi di Pulau Jawa.

”9 dari 11 tersangka teroris itu merupakan anggota aktif JAD. Keterlibatan 2 tersangka lain yaitu deportan, hijrah ke Suriah, belajar membuat bom asap di kamp Aleppo. Barang bukti 11 tersangka ini yaitu 1 pucuk senapan angin, 5 kotak peluru, dan satu pisau lempar,” kata Iqbal.

Iqbal menyebut kelompok tersebut diduga juga menyembunyikan buron terduga teroris di Lampung. Tersangka teroris ini, lanjut Ikbal, diduga berencana melakukan serangan bom pada 22 Mei, yang bertepatan dengan batas akhir rekapitulasi Pemilu 2019 oleh KPU.

“Mereka akan melaksanakan aksi amaliah atau aksi teror dengan menyerang kerumunan massa pada tanggal 22 Mei dengan menggunakan bom,” kata Iqbal. Iqbal mengungkapkan, dari 18 terduga teroris yang ditangkap, polisi menyita 5 bom rakitan, 4 pisau lempar, dan 2 busur panah.

Menurutnya kelompok ini menolak sistem demokrasi karena tidak sesuai dengan paham mereka. “Kelompok ini akan memanfaatkan momentum pesta demokrasi, karena bagi kelompok ini demokrasi paham yang tidak sealiran dengan mereka,” ucap Iqbal.

Jurnalis: Nuraini

Editor: Jumali

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More