Rekomendasi

Digelontor Stok 8 Ton, Harga Bawang Putih di Malang Turun

Rabu, 08 Mei 2019 : 13.59
Published by Hariankota
KOTA MALANG - Wali Kota Malang Sutiaji melakukan inspeksi mendadak (Sidak) harga dan stok komoditas bahan pangan selama bulan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 2019.

Sidak dilakukan bersama Bulog Sub Divre VII Malang dan Dinas Perdagangan di dua pasar yakni Pasar Klojen dan Pasar Bunul pada Rabu pagi (8/5/2019). Sutiaji menemukan terjadi penurunan harga bawang putih dibandingkan pekan lalu yang sempat menyentuh angka Rp 60 - 64 ribu per kilogramnya.

"Pekan kemarin lonjakan begitu drastis itu bawang putih tapi kordinasi terus dengan Bu Gubernur. Malang ada tiga titik pasar yang termasuk titik dipantau di Jawa Timur dari 26 pasar. Harga bawah kalau pekan lalu masih Rp 60 ribu lebih dengan harga kulakan di angka Rp 50 ribu lebih sekarang turun di angka Rp 40 ribu-an," ujar Sutiaji.

Menurutnya penurunan ini dikarenakan ada tambahan distribusi bawang putih sebesar 8 ton ke Kota Malang, dengan harga di tingkat distributor mencapai Rp 36 ribu hingga Rp 37 ribu.

"Ada sekitar 8 ton yang datang ke Malang maka harganya jadi turun jadi Rp 40 ribu, kulakannya pedagang Rp 36 ribu - 37 Ribu, di pasaran ada variatif harga Rp 41 ribu hingga 42 ribu untuk bawang putih. Cukup aman untuk bawang," tukasnya.

Sebagai informasi harga bawang putih di Kota Malang berangsur - angsur turun. Di Pasar Klojen misalnya, harga bawang putih yang sempat menyentuh angka Rp 58 ribu - 60 ribu turun menjadi Rp 40 ribu.

Penurunan harga juga terjadi di Pasar Bunul, dari sebelumnya harga bawang putih di awal Ramadan mencapai Rp 60 ribu berangsur turun ke angka Rp 38 ribu - Rp 40 ribu per kilogram.

Jurnalis: Miadaada
Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More