Rekomendasi

Gandeng TNI, Polres Sukoharjo Siap Amankan Pemudik

Senin, 27 Mei 2019 : 20.59
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sambut pemudik, Polres Sukoharjo telah menyiapkan tim gabungan diantaranya terdiri personil dari anggota TNI Kodim 0726/ Sukoharjo. Mereka bakal ditempatkan pada 4 Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran di empat titik lokasi keramaian selama arus mudik dan arus balik.

Dengan telah berfungsinya tol Jakarta - Solo - Kertosono, diprediksi wilayah Kartasura, Sukoharjo yang berdekatan dengan gerbang tol Ngasem akan terjadi peningkatan arus terutama oleh para pengguna jalan yang akan ke Yogyakarta, Wonogiri hingga Pacitan (Jatim).

Pantauan hariankota.com Senin (27/5/2019) sore, 4 Pospam sudah berdiri siap dioperasikan yakni, di Proliman Sukoharjo Kota, bunderan patung Pandowo Solo Baru, bekas Terminal Kartosuro dan pospam di Sanggung Gatak diperbatasan wilayah Kabupaten Klaten.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi saat ditemui awak media menyampaikan, pada lebaran sebelumnya, pihaknya mendirikan 5 pospam, satu diantaranya di pertigaan Ngasem tak jauh dari gerbang tol. Namun untuk tahun ini pospam tersebut (Ngasem-Red) digeser ke Sanggung, Gatak.

“Ya, kami sengaja memilih menempatkan pospam di Sanggung, Gatak karena berada dititik perbatasan dengan Kabupaten Klaten dan merupakan jalur kendaraan dari arah Yogyakarta,” terangnya.

Dipilihnya lokasi tersebut, menurut Kapolres berdasarkan evaluasi pengamanan Lebaran tahun lalu, dimana terjadi penumpukan kendaraan hingga menyebabkan kemacetan panjang sampai bundaran tugu Kartasura.

Pergeseran pospam ini juga menyesuaikan dengan kebutuhan untuk mengurai kepadatan kendaraan saat arus mudik dan balik Lebaran di jalan raya Sanggung, Gatak yang merupakan jalan utama penghubung Solo -Yogya.

"Nantinya di 4 titik pospam ini akan ditempatkan tim gabungan sebagai sentral bagi petugas dalam melakukan tugas keamanan seperti rawan pencurian, kemacetan hingga kecelakaan lalu lintas," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :