Rekomendasi

Gerindra Kehilangan Kursi Wakil Pimpinan Dewan

Rabu, 08 Mei 2019 : 16.30
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Pemilihan umum baik pemilihan legislative (pileg) maupun pemilihan presiden (pilpres) telah selesai. Dengan berakhirnya pesta deokrasi lima tahunan tersebut, khususnya untuk pileg, partai politik sebagai kontestan pemilihan umum, berhasil mendudukkan para kadernya di kursi wakil rakyat untuk periode 2019-2024.

Untuk perolehan suara dan kursi di DPRD Karanganyar, berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan oleh KPU,Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih mendominasi, dengan perolehan 13 kursi disusul Partai Golkar denan 12 kursi, PKS dan PKB, 5 kursi, Gerindra 4 kursi, serta PAN dan Demokrat, masing-masing 3 kursi.

Ketika dikonfirmasi hariankota.com ketua DPC PDIP Karanganyar, Endang Muryani, mengatakan, berdasarkan hasil perhitungan internal, pihaknya memperoleh 13 kursi.

Menurut Endang, perolehan ini, mengalami penuurnan jika dibandingkan dengan pileg 2014 lalu (sekitar 149.000 suara) dimana PDIP meraih 14 kursi. Meski kehilangan satu kursi, menurut Endang, perolehan suara partai justru mengalami peningkatan, yang mencapai angka 152.723 suara.

“Berdasarkan hitungan internal, memang betul kami memperoleh 13 kursi. Perolehan ini diperkuat lagi dengan hasil rapat pleno penghitungan perolehan suara yang dilakukan KPU. Meski demikian, kami tetap masih menunggu pengumuman resmi KPU,” kata Endang, Rabu (08/05/2019).

Dengan perolehan suara tersebut, PDIP dipredikasi masih menempatkan satu kadernya sebagai pimpinan DPRD Karanganyar periode 2019-2014. Sedangkan untuk wakil ketua, diprediksi akan diisi kader Paratai Golkar, PKS dan PKB.

Komposisi wakil ketua ini, mengalami perubahan. Sebelumnya, salah satu kader Partai Gerindra, menduduki posisi sebagai wakil pimpinan dewan periode 2014-2019.

Namun karena perolehan kursi yang mengalami penurunan, posisi Gerindra akan digantikan oleh PKB yang meraih 5 kursi. “Kalau soal pimpinan dewan, nanti saja. Proses kan masih terus berjalan. Kita tunggu saja,” ujar Endang diplomatis.

Sementara itu, calon angota legislatif (caleg) terpilih yang juga mantan wakil bupati Karanganyar, asal PKS, Rohadi Widodo, mengakui jika perolehan kursi di DPRD Karanganyar mengalami penurunan.

Pada pileg 2014, PKS meraih 6 kursi, sedangkan pada pileg 2019 hanya meraih 5 kursi. Meski mengalami penurunan, namun perolehan suara untuk partai, mengalami peningkatan.

“Berdasarkan hasil pleno KPU, nama-nama caleg terpilih sudah muncul. Kami tinggal menunggu pengumuman resmi dari KPU,” ujarnya. Soal siapa yang akan mengisi jabatan wakil ketua, Rohadi masih enggan memberikan komentar.

“Soal siapa wakil ketua DPRD dari PKS nanti saja. Kan ada mekanismenya,” kata dia sambil tertawa.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More