Rekomendasi

Gubernur Khofifah Temukan Lonjakan Harga Bawang Putih di Malang

Sabtu, 04 Mei 2019 : 19.13
Published by Hariankota
KOTA MALANG - Menjelang Bulan Ramadhan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan inspeksi mendadak (Sidak) bahan pangan di Pasar Terpadu Dinoyo (PTD), Kota Malang, Sabtu (4/5/2019).

Didampingi Kepala Dinas Perdagangan Jawa Timur dan Wali Kota Malang Sutiaji, Khofifah mengecek harga - harga dan ketersediaan bahan pangan. Dalam Sidak ini ditemukan bahwa kenaikan harga bahan pangan signifikan terjadi pada komoditas bawang putih, daging sapi dan daging ayam.

Harga bawang putih misalnya, jika pada pertengahan Aprik lalu berada dari harga Rp 35.000 - Rp 37.000 per kilo, di bulan Mei awal ini mencapai Rp 55.000 - Rp 60.000 per kilo.

Pedagang sembako, Sutinah mengatakan harga bawang putih ini terus melonjak sejak pertengahan bulan April hingga awal Mei 2019 ini.

"Yang naik ini bawang putih. Lainnya stabil semua, naik trennya sejak 2 minggu terakhir ini. Kalau di April harganya di kisaran Rp 30.000 - Rp 37.000 sekarang sudah menyentuh Rp 55.000-an," ujar Sutinah.

Sementara itu, Gubernur Khofifah mengakui bahwa bawang putih memang mengalami permintaan yang banyak, namun tak diimbangi stok yang mencukupi, sehingga terjadi peningkatan harga.

"Permerindag bahwa bawang putih itu tidak masuk bahan pokok namun menjadi isu karena ini menjadi kebutuhan RM, restoran, rumah tangga. Harga bawang putih memang stoknya terjadi kelangkaan sehingga harganya melonjak tajam," beber Khofifah.

Jurnalis: Miadaada

Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More