Rekomendasi

Kampanye di Dalam Masjid, Caleg DPR Gerindra Divonis Dua Bulan Penjara

Jumat, 10 Mei 2019 : 15.25
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Caleg perempuan DPR RI dapil V Jateng dari Partai Gerindra, NR akhirnya diputus bersalah oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Sukoharjo, Jum'at (10/5/2019).

NR yang juga anggota DPRD Kota Surakarta ini secara sah dan menyakinkan terbukti melakukan kampanye di dalam sebuah masjid di Desa Gonilan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo awal Maret lalu.

Vonis yang dibacakan Ketua Majelis Hakim, Indriyani lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Dalam amar putusannya NR dijatuhi hukuman dua bulan penjara dan denda Rp 5 juta, dengan masa percobaan lima bulan.

Dari putusan tersebut, NR oleh Majelis Hakim disebutkan tidak harus menjalani hukuman kurungan penjara. Sedang tentang ketentuan denda jika tidak dibayar, maka ia harus mengganti dengan hukuman kurungan penjara selama satu bulan.

"Penetapan pidana penjara tersebut tidak usah dijalani terdakwa jika dalam masa percobaan lima bulan terdakwa tidak melakukan tindak pidana lain," ucap Indriyani.

Informasi yang diperoleh hariankota.com, vonis hukuman terhadap NR ini lebih ringan dari tuntutan JPU yang menuntut hukuman penjara lima bulan dan denda sebesar Rp 10 juta, subsider dua bulan kurungan.

"Kami terima. Kami tidak mengajukan banding, karena pertimbangan majelis hakim untuk dakwaan money politic tidak terbukti, yang terbukti hanya (kampanye) ditempat ibadah." kata NR menanggapi putusan sidang.

Perempuan Sekretaris DPC Partai Gerindra Solo ini mengatakan, keputusan Majelis Hakim tersebut cukup adil dengan hukuman masa percobaan sehingga dirinya tak harus masuk penjara.

"Atas alasan kemanusian, karena saya punya tiga orang anak, dua masih balita, satunya masih usia 30 hari. Saya masih memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Jumali

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More