Rekomendasi

Kapolda Jateng Cek Persiapan Jalur Arus Mudik Lebaran 2019

Rabu, 08 Mei 2019 : 19.34
Published by Hariankota
SOLO - Usai serah terima jabatan dengan Irjen Pol Condro Kirono, Kapolda Jateng yang baru Irjen Pol Rycko Amelza Dahnier melakukan kunjungan kerja perdana ke Kota Solo, mengecek berbagai persiapan jalur arus mudik Lebaran 2019.

"Untuk pengamanan para pemudik saat arus mudik lebaran nanti, kami telah berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan, Kaorlantas Mabes Polri untuk merencanakan manajemen lalu lintas dalam rangka arus mudik dan balik Lebaran," kata kapolda kepada hariankota.com dan awak media lain di Mapolresta Solo, Rabu (8/5/2019).

Menurut Kapolda, salah satu konsentrasi utama jajarannya saat arus mudik nanti, yaitu di 24 pintu keluar jalan tol yang ada di seluruh Jateng.

"Berdasarkan prediksi kami, exit Pejagan Brebes barat dan timur akan menjadi exit favorit untuk menuju ke Selatan menuju Sanggen, Ajibarang, Banyumas, Purbalingga dan Wonosobo,"papar Kapolda.

Sedangkan exit Colomadu kata Kapolda untuk jalur menuju ke Yogjakarta. Oleh karena itu diperlukan rekayasa lalu lintas di titik tersebut karena di jalur ini bisa terjadi penumpukan kendaraan.

Selain itu, Kapolda menyampaikan, jajarannya juga akan berkonsentrasi untuk mengurangi Trouble Spot didalam ruas tol, mengingat di Jateng masih ada yang belum dilengkapi rest area dan SPBU.

"Kami sudah melakukan simulasi penjemputan pemudik yang mengalami masalah di ruas tol tersebut. Sehingga pemudik tidak terkunci di satu ruas saja," ujarnya.

Sementara, menyinggung wacana pemberlakuan ganjil genap di jalan tol seperti pernah disampaikan Menhub RI, Budi Karya Sumadi beberapa hari lalu di Kota Solo, Kapolda menyatakan kesiapannya untuk mengamankan jika kebijakan itu akan diberlakukan guna mengurangi kemacetan selama mudik lebaran.

"Untuk pemberlakuan satu arah, tidak bisa diterapkan seluruhnya di ruas tol di Jateng. Kalaupun diterapkan itu hanya berlaku hingga Pejagan dan Brebes timur atau barat, selanjutnya normal kembali," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More